Perlindungan Konsumen Terhadap Pembulatan Harga Pada Toko Swalayan


Hasnita, Hasnita (2023) Perlindungan Konsumen Terhadap Pembulatan Harga Pada Toko Swalayan. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of B11116653_skripsi_16-11-2023 cover1.png]
Preview
Image
B11116653_skripsi_16-11-2023 cover1.png

Download (161kB) | Preview
[thumbnail of B11116653_skripsi_16-11-2023 1-2.pdf] Text
B11116653_skripsi_16-11-2023 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of B11116653_skripsi_16-11-2023 dp.pdf] Text
B11116653_skripsi_16-11-2023 dp.pdf

Download (378kB)
[thumbnail of B11116653_skripsi_16-11-2023.pdf] Text
B11116653_skripsi_16-11-2023.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

HASNITA (B11116653), dengan judul Perlindungan Konsumen Terhadap Pembulatan Harga Pada Toko Swalayan. Dibimbing Oleh Ahmadi Miru sebagai Pembimbing Utama dan Andi Kurniawati sebagai Pembimbing Pendamping. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk pertanggungjawaban pihak toko swalayan terhadap selisih pengembalian yang diterima konsumen akibat dari pembulatan harga dan untuk menganalisis bentuk perlindungan hukum bagi konsumen terhadap pembulatan harga pada toko swalayan di kota Masyarakat. Metode Penelitian yang di gunakan yakni metode penelitian empiris dengan pendekatan kualitatif yaitu suatu pendekatan penelitian yang digunakan untuk memahami dan menganalisis fenomena hukum dari sudut pandang kualitatif. Pengumpulan bahan hukum dalam penelitian ini berupa studi pustaka, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, 1) Adanya penolakan konsumen terhadap pembulatan harga yang menyebabkan tidak terpenuhinya hak uang kembalian konsumen akan dipertanggungjawabkan oleh pihak toko swalayan (kasir) dengan cara mengupayakan penukaran uang dengan nominal yang lebih rendah. Selain mengupayakan penukaran nominal uang, seorang kasir dalam melaksanakan tugasnya juga tidak jarang melakukan pembulatan harga ke bawah (uang yang harus dibayarkan konsumen lebih rendah dari nilai yang tertera di struk) sehingga kerugian yang timbul dari selisih pengembalian uang tersebut akan ditanggung oleh pihak toko swalayan; 2) Upaya konsumen dalam mendapatkan hak-haknya atas uang kembalian yang tidak dipenuhi oleh pelaku usaha (toko swalayan) dapat dilakukan dengan cara mangajukan gugatan class actions melalui peradilan umum.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Nasyir Nompo
Date Deposited: 09 Sep 2024 00:26
Last Modified: 09 Sep 2024 00:26
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/37128

Actions (login required)

View Item
View Item