MODEL SINERGITAS PENGELOLAAN BERBASIS LANDSCAPE LIFESCAPE UNTUK UPAYA PENGENDALIAN KONDISI HIDROLOGI DI DAERAH ALIRAN SUNGAI JENEBERANG HULU PROVINSI SULAWESI SELATAN = THE LANDSCAPE LIFESCAPE BASED MANAGEMENT SYNERGITY MODEL FOR HYDROLOGICAL CONDITIONS CONTROL IN THE UPPER JENEBERANG RIVER BASIN AREA OF SOUTH SULAWESI PROVINCE"


Wahid, St.khadijah Munirah (2024) MODEL SINERGITAS PENGELOLAAN BERBASIS LANDSCAPE LIFESCAPE UNTUK UPAYA PENGENDALIAN KONDISI HIDROLOGI DI DAERAH ALIRAN SUNGAI JENEBERANG HULU PROVINSI SULAWESI SELATAN = THE LANDSCAPE LIFESCAPE BASED MANAGEMENT SYNERGITY MODEL FOR HYDROLOGICAL CONDITIONS CONTROL IN THE UPPER JENEBERANG RIVER BASIN AREA OF SOUTH SULAWESI PROVINCE". Disertasi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
M013191005_disertasi_09-07-2024 cover1.png

Download (267kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
M013191005_disertasi_09-07-2024 1-2.pdf

Download (723kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
M013191005_disertasi_09-07-2024 dp.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
M013191005_disertasi_09-07-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 5 September 2026.

Download (4MB)

Abstract (Abstrak)

St. Khadijah Munirah Wahid. Model pengelolaan berbasis landscape lifescape untuk sinerjitas upaya pengendalian kondisi hidrologi di Daerah Aliran Sungai Jeneberang Hulu Provinsi Sulawesi Selatan. (Promotor Prof DR. Ir. Daud Malamassam, M.Agr. IPU Ko-promotor Dr. Ir. Roland Alexander Barkey D.E.A. Ko-promotor DR. Ir. Baharuddin MP). Kejadian banjir dan sedimentasi pada DAS Jeneberang Hulu (Daerah Tangkapan Air Bili Bili) merupakan dampak dari besarnya limpasan air hujan yang masuk ke dalam dan melebihi Kapasitas badan Sungai. Hal ini diakibatkan oleh perubahan (penurunan) tutupan lahan, sehingga pada saat intensitas hujan tinggi, limpasan permukaan juga menjadi tinggi yang mengikis tanah permukaan di bagian hulu dan membawanya melalui aliran Sungai menuju ke muara yang mengakibatkan banjir dan sedimentasi pada DAM Bili Bili. Perubahan tutupan lahan dipengaruhi oleh faktor aktifitas pengelolaan lahan manusia, aktifitas manusia dipengaruhi oleh faktor landscape topografi, kelerengan, jenis tanah, kerapatan vegetasi, tutupan lahan dan status fungsi kawasan hutan dan faktor Lifescape (meliputi 5 modal masyarakat yaitu modal manusia, ekonomi, fisik, alam dan social) dan intervensi pemangku kepentingan. Tujuan penelitian ini adalah merumuskan model sinerjitas pengelolaan berbasis landscaoe lifescape untuk pengendalian kondisi hidrologi di Daerah Aliran Sungai jeneberang Hulu Provinsi Sulawesi Selatan. Metode analisis yang digunakan adalah analisis landscape Lifescape analisis stakeholder dan analisis SWAT. Hasil penelitian merumuskan 3 model pengelolaan DAS berbasis landscape lifescape dan sinerjitas pemangku kepentingan untuk pengendalian kondisi hidrologi (banjir dan sediimentasi) di DAS.

Keywords : Sinergitas, Landscape Lifescape, DAS Jeneberang Hulu, Hidrologi,

Item Type: Thesis (Disertasi)
Uncontrolled Keywords: Sinergitas, Landscape Lifescape, DAS Jeneberang Hulu, Hidrologi,
Subjects: S Agriculture > SD Forestry
Divisions (Program Studi): Fakultas Kehutanan > Kehutanan
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 06 Sep 2024 00:10
Last Modified: 06 Sep 2024 00:10
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/37070

Actions (login required)

View Item
View Item