PENGARUH KUALITAS PELAYANAN PUBLIK DAN KEPERCAYAAN PUBLIK TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK DI KABUPATEN MAMUJU SULAWESI BARAT


Ibrahim, Zulfihikmayanti (2021) PENGARUH KUALITAS PELAYANAN PUBLIK DAN KEPERCAYAAN PUBLIK TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK DI KABUPATEN MAMUJU SULAWESI BARAT. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
E012191007_tesis Cover1.png

Download (127kB) | Preview
[thumbnail of BAB I & II] Text (BAB I & II)
E012191007_tesis I & II.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
E012191007_tesis DP.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
E012191007_tesis.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract (Abstrak)

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh kualitas pelayanan publik dan kepercayaan publik terhadap kepatuhan wajib pajak di Kabupaten Mamuju Sulawesi Barat. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner, observasi dan dokumentasi secara langsung. Teknik analisis data yaitu analisis deskriptif dan analisis statistik inferensial.
Penelitian ini menggunakan teori (1) Parasuraman dan Zeithaml (1990), Tangibles, Reliable, Responsiveness, Assurance, Emphaty, untuk mengukur kualitas pelayanan publik. (2) Kim dalam Dwiyanto (2011), Komitmen yang kredibel, ketulusan, kejujuran, kompetensi, keadilan, untuk mengukur kepercayaan publik. (3) (Nolan-Flecha 2017, Novelskaitė and Pučėtaitė 2018), (Novelskaitė and Pučėtaitė 2018) dan (Anderson 2015) dalam Haning, et al (2020), Registering Voluntarily For Tax, Integrity, Discipline, Filing Tax Returns On Time And Accurately, Behave Reporting Tax Correctly, Liabilities, Deterrence, Willingness To Pay Taxes On Time Liability, untuk mengukur kepatuhan wajib pajak.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) kualitas pelayanan publik berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepatuhan Wajib Pajak, semakin baik kualitas pelayanan publik yang diterima akan meningkatkan kepatuhan wajib pajak. (2) kepercayaan publik berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak, semakin tinggi kepercayaan publik terhadap pemerintah mampu mendorong peningkatan kepatuhan wajib pajak. (3) kualitas pelayanan publik dan kepercayaan publik secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak di kabupaten Mamuju, dilihat dari nilai Adjusted R Sduare Kepatuahan Wajib Pajak diperoleh sebesar 0,539 yang menunjukkan bahwa kepatuhan wajib pajak dipengaruhi oleh kualitas pelyanan publik dan kepercayaan publik sebesar 53,9%.

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HJ Public Finance
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Publik
Depositing User: wahyuni aras
Date Deposited: 18 Mar 2021 03:10
Last Modified: 18 Mar 2021 03:10
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/3703

Actions (login required)

View Item
View Item