FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEKUATAN GIGIT PADA PASIEN PENGGUNA GIGI TIRUAN SEBAGIAN LEPASAN = Factors Affecting Bite Force in Patients Wearing Removable Partial Denture


Herdiansyah, M. Aidil Sultan (2023) FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEKUATAN GIGIT PADA PASIEN PENGGUNA GIGI TIRUAN SEBAGIAN LEPASAN = Factors Affecting Bite Force in Patients Wearing Removable Partial Denture. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of cover]
Preview
Image (cover)
J011201147_skripsi_15-02-2024 Cover1.jpg

Download (233kB) | Preview
[thumbnail of bab 1-2] Text (bab 1-2)
J011201147_skripsi_15-02-2024 Bab 1 - Bab 2.pdf

Download (558kB)
[thumbnail of dapus] Text (dapus)
J011201147_skripsi_15-02-2024 Dapus.pdf

Download (612kB)
[thumbnail of full text] Text (full text)
J011201147_skripsi_15-02-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 20 November 2026.

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

Latar Belakang : Pembuatan gigi tiruan sebagian lepasan bergantung pada kasus kehilangan gigi dalam mulut pasien. Pola kehilangan gigi pada rahang atas dan bawah dicatat sesuai dengan klasifikasi Kennedy. Ketika merencanakan pembuatan gigi tiruan, harus mempertimbangkan kesehatan, kenyamanan, kepuasan pasien, estetika, biomekanik protesa yang dipasangkan, ketahanan terhadap suhu dan kekuatan gigitan. Bagi sebagian pasien, kepuasan terhadap gigi tiruan berhubungan dengan kenyamanan saat pemakaian maupun saat proses mengunyah, juga berhubungan dengan estetik dan retensi gigi tiruan. Kekuatan gigit dan area kontak oklusal menunjukkan bahwa semakin tinggi kekuatan gigitan dan semakin besar area oklusal, maka semakin efisien pengunyahan. Kekuatan gigitan juga terbukti dipengaruhi oleh sejumlah variabel fisiologis dan morfologis. Tujuan : Untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi kekuatan gigit pada pasien pengguna gigi tiruan sebagian lepasan . Metode : Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penulisan ini adalah metode dokumentasi yang mana metode ini mencari literatur berupa jurnal artikel terkait permasalahan yang telah dirumuskan dalam tabel sintesis sebagai bentuk dokumentasi data yang telah diteliti. Hasil : Berdasarkan hasil analisis beberapa literature didapatkan faktor yang mempengaruhi kekuatan gigit pada pasien pengguna gigi tiruan sebagian lepasan meliputi usia, jenis kelamin, otot-otot, ukuran gigi geligi, sisa gigi alami, kontak oklusal, morfologi kraniofasial, dukungan periodontal, temporomandibular, retensi dan stabilisasi gigi tiruan. Kesimpulan : Didapatkan kekuatan gigit berbeda dapat disebabkan oleh usia, jenis kelamin, otot-otot, ukuran gigi geligi, sisa gigi alami, kontak oklusal, morfologi kraniofasial, dukungan periodontal, temporomandibular, retensi dan stabilisasi gigi tiruan. Kekuatan gigit tertinggi didapatkan pada pasien dengan kasus kennedy kelas III, pada pasien pengguna gigi tiruan sebagian lepasan kerangka logam dan pasien dengan gigi tiruan sebagian lepasan yang berkontak dengan gigi alami.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Gigi tiruan sebagian lepasan, kekuatan gigit, faktor yang mempengaruhi kekuatan gigit
Subjects: R Medicine > RK Dentistry
Divisions (Program Studi): Fakultas Kedokteran > Pendidikan Dokter
Depositing User: Unnamed user with username pkl
Date Deposited: 05 Sep 2024 03:42
Last Modified: 05 Sep 2024 03:42
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/37020

Actions (login required)

View Item
View Item