Efektivitas Ekstrak Teripang Emas (Stichopus hermanii) Terhadap Peningkatan Kolagenase pada Luka Mukosa Oral Tikus (Rattus novergicus) = Effectiveness of Golden Sea Cucumber (Stichopus hermanii) Extract on Increasing Collagenase in Oral Mucosal Wounds of Rats (Rattus novergicus)


Ramadani, Nurul Nisa (2023) Efektivitas Ekstrak Teripang Emas (Stichopus hermanii) Terhadap Peningkatan Kolagenase pada Luka Mukosa Oral Tikus (Rattus novergicus) = Effectiveness of Golden Sea Cucumber (Stichopus hermanii) Extract on Increasing Collagenase in Oral Mucosal Wounds of Rats (Rattus novergicus). Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of cover]
Preview
Image (cover)
J011201139_skripsi_15-02-2024 Cover1.jpg

Download (244kB) | Preview
[thumbnail of bab 1-2] Text (bab 1-2)
J011201139_skripsi_15-02-2024 Bab 1 - Bab 2.pdf

Download (612kB)
[thumbnail of dapus] Text (dapus)
J011201139_skripsi_15-02-2024 Dapus.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of full text] Text (full text)
J011201139_skripsi_15-02-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 1 January 2026.

Download (3MB)

Abstract (Abstrak)

Latar Belakang: Teripang adalah hewan invertebrata laut yang berkulit duri dari filum Echinodermata. Salah satu jenis teripang adalah teripang emas yang memiliki banyak kandungan protein dan kolagen. Kolagen dapat membantu pertumbuhan jaringan mukosa, gingiva, otot dan tulang, serta meningkatkan imunitas tubuh dan menyembuhkan luka baik pada jaringan lunak maupun jaringan tulang. Luka merupakan kondisi terjadinya kerusakan pada kontinuitas jaringan, struktur dan fungsi pada lapisan epitel terluar kulit atau membrane mukosa. Fase dari penyembuhan luka sangat dibutuhkan kandungan kolagen yang terdapat di teripang emas dikarenakan semakin meningkatkanya serat kolagen maka akan semakin cepat penyembuhan luka. Tujuan: penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas kandungan kolagen dari teripang emas dapat mempertebal kolagenase dalam mempercepat penyembuhan luka mukosa oral tikus. Metode: Metode yang digunakan adalah eksperimental laboratoris dengan desain penelitian post test control group design. Menggunakan sampel 12 tikus jantan putih (rattus novergicus) wistar dibagi adalam tiga kelompok yang sebelumnya telah dibuat luka insisi pada bagian ginggiva anterior rahang bawah dengan panjang ± 3 mm menggunakan scalpel no 11. Kelompok pertama diaplikasi aspirin (kontrol postif), kelompok kedua diaplikasi CMC Na (kontrol negatif) dan kelompok ketiga diaplikasi ekstrak teripang emas (kontrol perlakuan). Sampel diaplikasikan setiap 2x per 24 jam pada hari ketiga dan ketujuh dan tikus di eutanasi untuk dibuat preparat histolgi dan diamati menggunakan mikroskop listrik. Dilakukan pengamatan serabut kolagen pada hari pertama dan hari ketujuh untuk melihat ketebalan serat kolagen. Hasil: Berdasarkan uji one way anova didapatkan hasil signifikan dari ketiga kelompok tersebut diperoleh perbedaan peningkatan kolagenase yaitu pada hari ketiga 0,002 dan pada hari ketujuh 0,000. Hasil tersebut lebih kecil dari 0,05 maka H0 ditolak. Sehingga terdapat perbedaan peningkatan kolagenase jaringan pada tikus putih jantan (Rattus norvegicus) wistar antara kelompok kontrol positif, kontrol negatif dan perlakuan ekstrak teipang emas. Kesimpulan: Teripang emas efektif mempertebal kolagenase untuk mempercepat penyembuhan luka mukosa oral tikus (Rattus novergicus).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: luka, teripang Emas (stichopus hermanii), aspirin, CMC Na, Tikus putih jantan (rattus novergicus) wistar
Subjects: R Medicine > RK Dentistry
Divisions (Program Studi): Fakultas Kedokteran > Pendidikan Dokter
Depositing User: Unnamed user with username pkl
Date Deposited: 05 Sep 2024 02:52
Last Modified: 05 Sep 2024 02:52
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/37003

Actions (login required)

View Item
View Item