Gambaran Profil Saliva dan Manifestasi Oral pada Anak Stunting di Desa Taraweang, Kecamatan Bungoro, Kabupaten Pangkejene dan Kepulauan = Description of Saliva Profile and Oral Manifestations in Stunting Children in Taraweang Village, Bungoro, Pangkajene and Kepuaulan


Izzah, Agnes Dea Ugie Wihdatul (2023) Gambaran Profil Saliva dan Manifestasi Oral pada Anak Stunting di Desa Taraweang, Kecamatan Bungoro, Kabupaten Pangkejene dan Kepulauan = Description of Saliva Profile and Oral Manifestations in Stunting Children in Taraweang Village, Bungoro, Pangkajene and Kepuaulan. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of cover]
Preview
Image (cover)
J011201123_skripsi_27-02-2024 Cover1.jpg

Download (267kB) | Preview
[thumbnail of bab 1-2] Text (bab 1-2)
J011201123_skripsi_27-02-2024 Bab 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of dapus] Text (dapus)
J011201123_skripsi_27-02-2024 Dapus.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of full text] Text (full text)
J011201123_skripsi_27-02-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 29 November 2026.

Download (5MB)

Abstract (Abstrak)

Latar Belakang: Stunting merupakan masalah gizi kronis pada anak yang memiliki tinggi badan yang kurang dibandingkan dengan anak seusianya. Stunting bersifat multifaktorial dan dikaitkan dengan sanitasi, BBLR, tingkat pendapatan keluarga, hingga tingkat pendidikan ibu. Stunting yang merupakan salah satu bentuk malnutrisi dapat menyebabkan terjadinya beberapa gangguan pada struktur oral, salah satunya adalah atrofi kelenjar saliva. Atrofi kelenjar saliva dapat menyebabkan hipofungsi kelenjar saliva yang dapat mengganggu kondisi rongga mulut anak. Ketika terjadi hipofungsi, salivary flow rate (SFR) dan pH saliva juga ikut mengalami penurunan. Saliva adalah faktor esensial di rongga mulut sehingga perlu untuk terus dalam kondisi normal. Tujuan: Untuk mengetahui gambaran profil saliva dan manifestasi oral pada anak stunting di Desa Taraweang, Kecamatan Bungoro, Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan. Metode: Jenis penelitian ini adalah observasional deskriptif dengan desain penelitian cross-sectional dan pengambilan sampel dilakukan dengan metode purposive sampling dengan pengambilan saliva kemudian dilakukan pemeriksaan SFR dan pH saliva. Hasil: Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas anak laki-laki menderita stunting (54,8%) dibandingkan dengan perempuan (45,2%), nilai SFR yang dibawah normal (lambat dan hiposalivasi), tetapi dengan pH netral – basa dengan gambaran manifestasi oral cenderung normal. Kesimpulan: Dari penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa anak laki-laki cenderung menderita stunting dibandingkan dengan perempua, terjadi penurunan salivary flow rate pada anak stunting tetapi tidak terjadi penurunan pH pada saliva anak stunting, serta kondisi rongga mulut anak stunting yang diteliti cenderung normal dan hanya sebagian kecil yang memiliki lesi jaringan lunak rongga mulut.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Stunting, Salivary flow rate, pH saliva, Manifestasi oral
Subjects: R Medicine > RK Dentistry
Divisions (Program Studi): Fakultas Kedokteran > Pendidikan Dokter
Depositing User: Unnamed user with username pkl
Date Deposited: 05 Sep 2024 02:16
Last Modified: 05 Sep 2024 02:16
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/36974

Actions (login required)

View Item
View Item