PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL, KEPUASAN KERJA PERAWAT DAN BUDAYA KESELAMATAN PASIEN TERHADAP MUTU PELAYANAN DI RSUD TANI DAN NELAYAN KAB. BOALEMO = THE EFFECT OF TRANSFORMASIONAL LEADERSHIP STYLE, NURSE JOB SATISFACTION AND PATIENT SAFETY CULTURE ON SERVICE QUALITY AT TANI AND NELAYAN HOSPITAL BOALEMO REGENCY


Rahmah, Nurul Wuqufiana (2024) PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL, KEPUASAN KERJA PERAWAT DAN BUDAYA KESELAMATAN PASIEN TERHADAP MUTU PELAYANAN DI RSUD TANI DAN NELAYAN KAB. BOALEMO = THE EFFECT OF TRANSFORMASIONAL LEADERSHIP STYLE, NURSE JOB SATISFACTION AND PATIENT SAFETY CULTURE ON SERVICE QUALITY AT TANI AND NELAYAN HOSPITAL BOALEMO REGENCY. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
K022202030_tesis_14-05-2024 cover1.png

Download (298kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
K022202030_tesis_14-05-2024 1-2.pdf

Download (894kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
K022202030_tesis_14-05-2024 dp.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
K022202030_tesis_14-05-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 4 September 2026.

Download (3MB)

Abstract (Abstrak)

NURUL WUQUFIANA RAHMAH. Pengaruh Gaya Kepemimpinan Transformasional, Kepuasan Kerja Perawat dan Budaya Keselamatan Pasien Terhadap Mutu Pelayanan di RSUD Tani dan Nelayan Kab. Boalemo, Gorontalo (dibimbing oleh M. Alimin Maidin dan Fridawaty Rivai).
Latar belakang. Keselamatan pasien merupakan komponen penting dari kualitas pelayanan kesehatan dan merupakan prioritas bagi setiap sistem pelayanan kesehatan dalam memastikan dan meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan. Untuk meningkatkan keselamatan pasien dalam pelayanan kesehatan diperlukan kepemimpinan yang efektif dan efisien di semua tahap. Tujuan. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh gaya kepemimpinan transformasional, kepuasan kerja perawat dan budaya keselamatan pasien terhadap mutu pelayanan di RSUD Tani dan Nelayan. Metode. Penelitian ini dilakukan di RSUD Tani dan Nelayan Kabupaten Boalemo, Gorontalo dengan menggunakan desain Cross Sectional dalam penelitian kuantitatif. Jumlah responden sebanyak 201 orang perawat. Total sampling digunakan untuk mendapatkan sampel. Data dianalisis dengan menggunakan analisis multivariat Partial Least Square (PLS). Hasil. Penelitian ini menunjukkan bahwa di RSUD Tani dan Nelayan di Boalemo, kepuasan kerja perawat, budaya keselamatan pasien, dan mutu pelayanan dipengaruhi positif dan signifikan oleh kepemimpinan transformasional. Budaya keselamatan pasien juga berpengaruh positif dan signifikan terhadap mutu pelayanan, sedangkan kepuasan kerja tidak. Kepemimpinan transformasional juga berpengaruh positif dan signifikan terhadap mutu pelayanan melalui budaya keselamatan pasien. Kesimpulan. Oleh karena itu, manajemen rumah sakit harus mendorong kepala ruangan untuk menerapkan kepemimpinan transformasional sebagai cara yang efektif dan efisien untuk meningkatkan kualitas pelayanan yang diberikan di rumah sakit.

Keywords : Transformasional; Kepuasan Kerja; Budaya Keselamatan ; Mutu; Perawat.

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Job Satisfaction, Safety Culture, Quality, Nurses.
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Kesehatan Masyarakat > Administrasi Rumah Sakit
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 05 Sep 2024 02:10
Last Modified: 05 Sep 2024 02:10
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/36957

Actions (login required)

View Item
View Item