Pengaruh Informasi Akuntansi terhadap Harga Saham: Pengujian Tiga Model


Diaraya, Diaraya (2017) Pengaruh Informasi Akuntansi terhadap Harga Saham: Pengujian Tiga Model. Disertasi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of full text] Text (full text)
DIARAYA.pdf

Download (21MB)

Abstract (Abstrak)

Penelitian ini membahas pengaruh informasi akuntansi terhadap harga saham syanah dan saham konvensional menggunakan Single Index Model, Capital Asset Pricing Model, dan Fama and French Three Factor Model. Variabel informasi akuntansi yang digunakan sebagai variabet dependen adalah Average Abnormal Return (AAR)f sedang variabel independen adalah Earning Per Share (EPS), Debt to Equity ratio (DER), Return on Assets (ROA), and Return on Equity (ROE).
Populasi penelitian ini adalah selurun saham perusahaan-pemsahaan yang terdaflar di Bursa Effek Indonesia tahun 2014 dan 2015 dan melakukan pengumuman dividen. Karakteristik obyok yang diteliti adalah return yang diukur melalui Abnormal Return periode observasi selama 111 hari, terdiri dari 11 hari observasi periode windows dan 100 hari observasi periode estimasi. Sampel ditentukan berdasarkan teknik penentuan sampel purposif dan analisis menggunakan SPSS versi 23. Jumlah sampel yang memenuhi kriteria 106 pemsahaan yang mengumumkan dividen tunai terdiri dari 70 pemsahaan syariah cfan 36 perusahaan konvensional. Obyek penelitian tersebut telan mewakili seluruh sektor industri yang ada di bursa efek Indonesia.
Pengujian dan analisis data menghasilkan 24 jenis portofolio saham, pada semua portofolio saham terlihat pergerakan nilai variabel AAR yang grafiknya naik di sekitar tanggal pengumuman dividen.

Item Type: Thesis (Disertasi)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions (Program Studi): Fakultas Ekonomi > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Unnamed user with username pkl
Date Deposited: 03 Sep 2024 05:49
Last Modified: 03 Sep 2024 05:49
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/36926

Actions (login required)

View Item
View Item