Analisis Nilai Pendapatan Ekonomi Kelompok Tani Hutan Sipatuo Desa Pundilemo, Kecamatan Cendana, Kabupaten Enrekang, Sebelum dan Setelah Adanya Izin Usaha Pemanfaatan Hutan Kemasyarakatan (IUPHKm) = Analysis of the Economic Income Value of the Sipatuo Forest Farmer Group in Pundilemo Village, Cendana District, Enrekang Regency, Before and After the Existence of a Community Forest Utilization Business Permit (IUPHKm)


Hasdisyah, Hasdisyah (2024) Analisis Nilai Pendapatan Ekonomi Kelompok Tani Hutan Sipatuo Desa Pundilemo, Kecamatan Cendana, Kabupaten Enrekang, Sebelum dan Setelah Adanya Izin Usaha Pemanfaatan Hutan Kemasyarakatan (IUPHKm) = Analysis of the Economic Income Value of the Sipatuo Forest Farmer Group in Pundilemo Village, Cendana District, Enrekang Regency, Before and After the Existence of a Community Forest Utilization Business Permit (IUPHKm). Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of COVER]
Preview
Image (COVER)
M011201174_skripsi_27-08-2024 cover1.jpg

Download (271kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1-2] Text (BAB 1-2)
M011201174_skripsi_27-08-2024 bab 1-2.pdf

Download (323kB)
[thumbnail of DAPUS] Text (DAPUS)
M011201174_skripsi_27-08-2024 DP.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of FULL TEXT] Text (FULL TEXT)
M011201174_skripsi_27-08-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 19 August 2026.

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

Pengelolaan hutan menjadi fokus utama dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat lokal dan keberlanjutan lingkungan. Pemberian Izin Usaha Pemanfaatan Hutan Kemasyarakatan (IUPHKm) diharapkan dapat memberikan dampak positif terhadap pendapatan ekonomi para pengelola perhutan sosial. Penelitian ini berfokus pada perubahan pendapatan anggota kelompok sebelum dan setelah adanya IUPHKm. Metode pengumpulan data penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif. Data yang dikumpulkan mencakup data periode sebelum dan setelah adanya IUPHKm. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan dalam jumlah produksi dan pendapatan ekonomi setelah adanya IUPHKm, namun masih bersumber dari pengelolaan KTH di luar kawasan HKm. Hal ini disebabkan karena keterbatasan anggota KTH dalam mengakses lokasi HKm, sehingga tidak ada penambahan jenis usaha baru dalam kawasan HKm setelah adanya IUPHKm. Meskipun dampak ekonomi yang diperoleh masih terbilang rendah, program perhutanan sosial memberikan dampak pada peningkatan pengetahuan dan wawasan baru kepada masyarakat melalui berbagai pelatihan. Implikasi dari penelitian ini adalah perlunya upaya bersama dari instansi terkait dan pemerintah untuk terus mengevaluasi dan menyesuaikan kebijakan yang dapat mendukung pemberian IUPHKm sebagai strategi untuk memaksimalkan peningkatan kesejahteraan masyarakat dan keberlanjutan pengelolaan hutan sosial.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hutan Kemasyarakatan, Perbandingan, Pendapatan, Kelompok Tani Hutan
Subjects: S Agriculture > SD Forestry
Divisions (Program Studi): Fakultas Kehutanan > Kehutanan
Depositing User: Unnamed user with username pkl
Date Deposited: 05 Sep 2024 02:07
Last Modified: 05 Sep 2024 02:07
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/36913

Actions (login required)

View Item
View Item