Gambaran Kepuasan Kerja Perawat di Rumah Sakit Ibnu Sina Makassar 2022


Zulfiani, Uni (2022) Gambaran Kepuasan Kerja Perawat di Rumah Sakit Ibnu Sina Makassar 2022. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of K011171342_skripsi_07-11-2022 cover1.png]
Preview
Image
K011171342_skripsi_07-11-2022 cover1.png

Download (100kB) | Preview
[thumbnail of K011171342_skripsi_07-11-2022 1-2.pdf] Text
K011171342_skripsi_07-11-2022 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of K011171342_skripsi_07-11-2022 dp.pdf] Text
K011171342_skripsi_07-11-2022 dp.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of K011171342_skripsi_07-11-2022.pdf] Text
K011171342_skripsi_07-11-2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract (Abstrak)

Keberhasilan rumah sakit dalam menciptakan mutu pelayanan memerlukan sumber daya perawat yang puas terhadap pekerjaannya. Perawat yang memiliki kepuasan kerja positif akan melakukan pekerjaannya dengan lebih baik dan menghasilkan pelayanan yang bermutu. Ketidakpuasan perawat dalam bekerja akan menyebabkan kemangkiran dan beban kerja perawat lain meningkat. Data Rumah Sakit Ibnu Sina Juli 2022 menunjukkan bahwa hampir setiap hari ada saja perawat yang terlambat masuk bekerja di rumah sakit. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran kepuasan kerja perawat di Rumah Sakit Ibnu Sina Makassar. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif.
Penelitian ini dilakukan pada bulan Juli-Agustus 2022. Metode pengambilan sampel adalah sampel jenuh dengan besar sampel sebanyak 136 orang. Alat pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner yang telah diuji validasi di rumah sakit Universitas Hasanuddin. Analisis data menggunakan analisis univariat dan penyajian data berupa tabel disertai dengan narasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepuasan kerja secara umum adalah 97,8%. Perawat yang merasa puas terhadap gaji adalah 75,7%, promosi 70,6%, supervisi 87,5%, rekan kerja 97,8%, pekerjaan itu sendiri 97,8%, kepemimpinan 94,1%, kondisi kerja 89% dan kesempatan untuk maju 88,2%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa mayoritas perawat puas dengan gaji, promosi, supervisi, rekan kerja, pekerjaan itu sendiri, kepemimpinan, kondisi kerja dan kesempatan untuk maju. Peneliti menyarankan agar pihak manajemen rumah sakit lebih memperhatikan variabel gaji dan promosi perawat dengan melakukan perhitungan ulang terhadap penentuan gaji perawat dan membuat rencana promosi staff yang lebih transparan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Kesehatan Masyarakat > Kesehatan Masyarakat
Depositing User: Nasyir Nompo
Date Deposited: 05 Sep 2024 01:03
Last Modified: 05 Sep 2024 01:03
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/36808

Actions (login required)

View Item
View Item