PENGARUH PAKAN SINBIOTIK TERHADAP HISTOPATOLOGI HATI DAN GINJAL IKAN NILA (Oreochromis niloticus) YANG DIPAPARKAN BAKTERI Aeromonas sp.=THE EFFECT OF SYNBIOTIC FEEDING ON THE LIVER AND KIDNEY HISTOPATHOLOGICAL OF TILAPIA FISH (Oreochromis niloticus) EXPOSED TO THE BACTERIA Aeromonas sp.


Swastu, I Putu (2024) PENGARUH PAKAN SINBIOTIK TERHADAP HISTOPATOLOGI HATI DAN GINJAL IKAN NILA (Oreochromis niloticus) YANG DIPAPARKAN BAKTERI Aeromonas sp.=THE EFFECT OF SYNBIOTIC FEEDING ON THE LIVER AND KIDNEY HISTOPATHOLOGICAL OF TILAPIA FISH (Oreochromis niloticus) EXPOSED TO THE BACTERIA Aeromonas sp. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of cover]
Preview
Image (cover)
C031201066_skripsi_27-08-2024 cover1.jpg

Download (363kB) | Preview
[thumbnail of bab 1-2] Text (bab 1-2)
C031201066_skripsi_27-08-2024 bab 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of daftar pustaka] Text (daftar pustaka)
C031201066_skripsi_27-08-2024 dp.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of full text] Text (full text)
C031201066_skripsi_27-08-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 1 July 2026.

Download (3MB)

Abstract (Abstrak)

I PUTU SWASTU. Pengaruh Pakan Sinbiotik Terhadap Histopatologi Hati Dan Ginjal Ikan Nila (Oreochromis niloticus) Yang Dipaparkan Bakteri Aeromonas Sp. (dibimbing oleh Muh. Fadhlullah Mursalim dan Nurul Sulfi Andini).

Latar Belakang. Salah satu penyakit yang sering menginfeksi pada ikan adalah MAS (Motile Aeromonas Septicaemia) yang akan memberikan dampak pada beberapa organ sistem metabolisme seperti hati dan ginjal. Penanganan penyakit ini telah banyak dilakukan dengan menggunakan berbagai jenis antibiotik, namun penggunaan antibiotik dalam jangka Panjang akan berdampak pada resistensi bakteri sehingga dibutuhkan alternatif lain yang lebih aman, salah satu bahan alami yang dapat digunakan dalam menangani penyakit pada ikan adalah dengan penggunaan sinbiotik. Tujuan. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian pakan dengan tambahan sinbiotik terhadap histopatologi organ hati dan ginjal ikan nila (oreochromis niloticus) yang dipaparkan dengan bakteri Aeromonas sp. Metode. Penelitian ini menggunakan metode eksperimental dengan total sampel 24 ekor ikan nila yang dikelompokkan menjadi 4 perlakuan yang akan dilakukan pemeliharaan selama 60 hari dan dilanjutkan dengan pemberian perlakuan uji tantang selama 14 hari, pengambilan sampel organ hati dan ginjal dilakukan sebanyak 2 kali yaitu pada hari ke-7 setelah uji tantang dan hari ke 14 setelah uji tantang, sampel kemudian diolah menjadi sediaan preparat histologi untuk diamati perubahannya. Hasil. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian pakan dengan tambahan sinbiotik memberikan perubahan histopatologi pada kerusakan yang terjadi di organ hati dan ginjal ikan nila. Kesimpulan. Pemberian pakan sinbiotik berpengaruh terhadap gambaran kerusakan yang terjadi pada histopatologi organ hati dan ginjal ikan nila yang terinfeksi bakteri Aeromonas sp.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: keywords=Aeromonas sp, histopatologi, ikan nila, sinbiotik
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Kedokteran > Pendidikan Dokter Hewan
Depositing User: Unnamed user with username pkl
Date Deposited: 05 Sep 2024 00:38
Last Modified: 05 Sep 2024 00:38
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/36773

Actions (login required)

View Item
View Item