INOVASI PELAYANAN PUBLIK UNIT PELAYANAN PENDAFTARAN PENDUDUK DAN PENCATATAN SIPIL KELILING (UP3SK) DI KABUPATEN PINRANG


Hamdam, Hamdam (2020) INOVASI PELAYANAN PUBLIK UNIT PELAYANAN PENDAFTARAN PENDUDUK DAN PENCATATAN SIPIL KELILING (UP3SK) DI KABUPATEN PINRANG. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
E012172002_tesis cover1.png

Download (98kB) | Preview
[thumbnail of Bab I & II] Text (Bab I & II)
E012172002_tesis 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Daftar Pustala] Text (Daftar Pustala)
E012172002_tesis dp.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Full text] Text (Full text)
E012172002_tesis.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

ABSTRAK

HAMDAM. Inovasi Pelayanan Publik Unit Pelayanan Pendaftaran Penduduk dan Pencatatan Sipil Keliling (UP3SK) di Kabupaten Pinrang (Dibimbing Oleh Muh Akmal Ibrahim dan Muh Tang Abdullah).

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis inovasi pelayanan publik melalui UP3SK di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Pinrang.

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dalam penelitian yang dilakukan bersifat deskriptif yaitu untuk menggambarkan kenyataan dari kejadian yang diteliti. Metode penelitian ini dianggap mampu menjelaskan penelitian ini secara mendalam. Fokus penelitian ini pada teori atribut inovasi oleh Rogers yaitu: Relative Advantage (Keuntungan Relatif), Compatibility (kesesuaian), Complexity (Kerumitan), Triability (Kemungkinan Dicoba), Observability (Kemudahan Diamati).

Hasil penelitian menunjukkan bahwa inovasi pelayanan publik melalui UP3SK di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Pinrang dapat dilihat berdasarkan atribut inovasi menurut Rogers. Pada atribut relative advantage diketahui bahwa keuntungan dari adanya inovasi pelayanan UP3SK adalah meminimalisir praktek percaloan dan lebih memudahkan masyarakat. Pada atribut compatibility menjelaskan bahwa inovasi pelayanan UP3SK sesuai dengan keinginan masyarakat dalam proses pengurusan dokumen yang lebih mudah. Atribut complexity menjelaskan bahwa tidak ada kerumitan dalam pengurusan dan juga dalam proses pelayanan UP3SK. Namun ada beberapa kendala yaitu belum lengkapnya sarana dan prasarana dalam proses pelayanan UP3SK, serta tidak jelasnya aturan petunjuk pelaksanaan dan petunjuk teknis dalam pelaksanaan pelayanan UP3SK. Atribut triability juga menjelaskan bahwa tidak adanya fase uji coba kepada masyarakat dalam pelayanan UP3SK. Hanya ada percobaan teknis di Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Pinrang. Pada atribut observability menunjukkan bahwa selama pelayanan UP3SK berjalan, telah sesuai dengan keinginan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Pinrang yakni untuk memudahkan masyarakat dalam pengurusan dokumen penting dan meminimalisir percaloan atau pungutan liar.

Kata kunci : Inovasi, Pelayanan Publik, UP3SK

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: inovasi, pelayanan publik
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Depositing User: Andi Milu
Date Deposited: 18 Mar 2021 02:51
Last Modified: 06 Nov 2024 04:31
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/3676

Actions (login required)

View Item
View Item