KONTRIBUSI EMOTIONAL INTELLIGENCE TERHADAP ACADEMIC STRESSS PADA SISWA PENDIDIKAN PEMBENTUKAN BINTARA POLRI (DIKTUKBA) DI SEKOLAH POLISI NEGARA (SPN) BATUA POLDA SULAWESI SELATAN=THE CONTRIBUTION OF EMOTIONAL INTELLIGENCE TO ACADEMIC STRESS IN POLICE OFFICER FORMATION EDUCATION STUDENTS (DIKTUKBA) AT THE STATE POLICE SCHOOL (SPN) BATUA POLDA SULAWESI SELATAN


Wardhani, Dewi Febriyanti (2024) KONTRIBUSI EMOTIONAL INTELLIGENCE TERHADAP ACADEMIC STRESSS PADA SISWA PENDIDIKAN PEMBENTUKAN BINTARA POLRI (DIKTUKBA) DI SEKOLAH POLISI NEGARA (SPN) BATUA POLDA SULAWESI SELATAN=THE CONTRIBUTION OF EMOTIONAL INTELLIGENCE TO ACADEMIC STRESS IN POLICE OFFICER FORMATION EDUCATION STUDENTS (DIKTUKBA) AT THE STATE POLICE SCHOOL (SPN) BATUA POLDA SULAWESI SELATAN. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of cover]
Preview
Image (cover)
C021171302_skripsi_28-08-2024 cover1.jpg

Download (259kB) | Preview
[thumbnail of bab 1-2] Text (bab 1-2)
C021171302_skripsi_28-08-2024 bab 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of daftar pustaka] Text (daftar pustaka)
C021171302_skripsi_28-08-2024 dp.pdf

Download (656kB)
[thumbnail of full text] Text (full text)
C021171302_skripsi_28-08-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 15 August 2026.

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kontribusi emotional intelligence terhadap academic stress pada siswa Pendidikan dan Pembentukan Bintara (DIKTUKBA) POLRI di Sekolah Polisi Negara (SPN) Batua Polda Sulawesi Selatan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain korelasional. Sampel pada penelitian ini terdiri dari 140 siswa SPN Batua Polda Sulawesi Selatan. Penentuan sampel menggunakan probability sampling dengan teknik penentuan ukuran sampel menggunakan rumus Slovin dan berfokus pada Teknik simple random sampling. Penelitian ini menggunakan Emotional Intelligence Scale dan Academic Stress Scale yang telah di adaptasi oleh peneliti sebelumnya.

Data dianalisis menggunakan analisis regresi linear sederhana. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa emotional intelligence secara signifikan berkontribusi terhadap academic stress pada siswa Pendidikan dan Pembentukan Bintara (DIKTUKBA) POLRI di Sekolah Polisi Negara (SPN) Batua Polda Sulawesi Selatan. Emotional intelligence memberikan kontribusi yang signifikan terhadap academic stress sebesar 19,8% (R2=0,198 & Sig.= 0.000) dan sisanya berasal dari variabel diluar penelitian ini. Hal tersebut memiliki arti bahwa semakin tinggi emotional intelligence siswa, maka semakin rendah academic stress yang dialami siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: keywords=EMOTIONAL INTELLIGENCE, ACADEMIC STRESS
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions (Program Studi): Fakultas Kedokteran > Psikologi
Depositing User: Unnamed user with username pkl
Date Deposited: 04 Sep 2024 06:42
Last Modified: 04 Sep 2024 06:42
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/36747

Actions (login required)

View Item
View Item