RELASI KUASA DAN PENGETAHUAN DALAM TEKS I LA GALIGO; SUATU ANALISIS WACANA KRITIS MICHEL FOUCAULT = The Relationship between Power and Knowledge in the Text of I La Galigo; A Michel Foucault’s Critical Discourse Analysis


Faisal, Faisal (2024) RELASI KUASA DAN PENGETAHUAN DALAM TEKS I LA GALIGO; SUATU ANALISIS WACANA KRITIS MICHEL FOUCAULT = The Relationship between Power and Knowledge in the Text of I La Galigo; A Michel Foucault’s Critical Discourse Analysis. Disertasi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
F013191008_disertasi_17-07-2024 cover1.png

Download (266kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
F013191008_disertasi_17-07-2024 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
F013191008_disertasi_17-07-2024 dp.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
F013191008_disertasi_17-07-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 28 August 2026.

Download (3MB)

Abstract (Abstrak)

FAISAL. Relasi Kuasa dan Pengetahuan dalam Teks I La Galigo; Satu Analisis Wacana Kritis Michel Foucault (dibimbing oleh Muhlis Hadrawi, Lukman, Ade Yolanda Latjuba).
Sastra terkait dengan wacana pengetahuan, ideologi, dan kekuasaan. Wacana sastra dapat digali melalui teks-teks bahasa, produksi, dan interpretasi teks serta praktik sosiokultural dari sebuah kelompok masyarakat. I La Galigo sebagai karya sastra klasik mengusung ideologi pengetahuan dan kekuasaan. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan pengetahuan dan relasi kuasa dalam wacana I La Galigo. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif dengan dua pendekatan analisis wacana kritis Michel Foucault, yaitu Arkeologi dan Geneologi. Objek penelitian ini, yaitu I La Galigo sebagai karya sastra istana yang menceritakan kisah-kisah purba sosial elit Bugis yang mendasari pengalaman sosial kultural periode tersebut dalam rangka produksi wacana pengetahuan yang berefek pada kekuasaan. Teknik pengumpulan data yang digunakan, yaitu simak dan catat. Data yang diperoleh dianalisis melalui lima tahap; (1) identifikasi; (2) reduksi data; (3) penyajian data; (4) penarikan kesimpulan dan verivikasi; dan (5) penarikan kesimpulan akhir. Hasil penelitian menunjukkan bahwa wacana pengetahuan dalam I La Galigo memproduksi ideologi kultural, seperti arkeologi dunia kosong, arkeologi penciptaan, arkeologi Manurung, kedatuan bumi, kedatuan dunia bawah (peretiwi), kedatuan dunia atas (Botting Langi), serta arkeologi peringatan-peringatan dan ancaman. Wacana pengetahuan pada I La Galigo berkaitan erat dengan kuasa. Kuasa dilaksanakan dalam banyak posisi dan relasi sesuai dengan fungsinya. Adapun bentuk relasi kuasa dan pengetahuan yang ditemukan dalam penelitian ini, yaitu relasi kuasa dan pikiran serta relasi kuasa dengan tubuh. Relasi kuasa dan pikiran berupa kepercayaan, ideologi, budaya, politik, serta dominasi atas pikiran. Sedangkan bentuk relasi kuasa dengan tubuh berbentuk kontrol, objektivasi terhadap tubuh, pengawasan (panoptic), dan peraturan-peraturan.

Kata Kunci: Wacana, Pengetahuan, Kuasa, Foucault, Hegemoni, I La Galigo.

Item Type: Thesis (Disertasi)
Uncontrolled Keywords: Discourse, knowledge, power, Foucault, hegemony, and I La Galigo.
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Budaya > Ilmu Linguistik
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 04 Sep 2024 01:16
Last Modified: 04 Sep 2024 01:16
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/36598

Actions (login required)

View Item
View Item