Purwantini, Ani (2021) STRATEGI KOMUNIKASI DALAM MENINGKATKAN FUNDRAISING SEDEKAH MELALUI MEDIA ONLINE (Studi Kasus pada Program Pembibitan Penghafal Al-Qur’an (PPPA) Daarul Qur’an Makassar). Disertasi thesis, Universitas Hasanuddin.
E022181007_tesis cover1.png
Download (104kB) | Preview
E022181007_tesis 1-2.pdf
Download (2MB)
E022181007_tesis dp.pdf
Download (3MB)
E022181007_tesis.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (6MB)
Abstract (Abstrak)
ANI PURWANTINI. Strategi Komunikasi Dalam Meningkatkan Fundraising Sedekah Melalui Media Online (Studi Kasus pada Program Pembibitan Penghafal Al-Qur’an (PPPA) Daarul Qur’an Makassar) (dibimbing oleh Muh. Akbar dan M.Iqbal. Sultan)
Mengingat angka kemiskinan di Indonesia juga meningkat hingga 9,78% pada Maret 2020, maka dengan kehadiran lembaga Zakat, Infaq, Sedekah dan Wakaf (ZISWAF) ini menjadi sebuah gerakan besar yang nantinya dapat meringankan beban pemerintah. Salah satu lembaga yang hadir ditengah masyarakat yakni PPPA Daarul Qur’an Makassar.
Penelitian ini bertujuan (1) untuk menganalisis strategi komunikasi meningkatkan fundraising sedekah melalui media online. (2) untuk menganalisis faktor-faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan strategi komunikasi dalam meningkatkan fundraising sedekah melalui media online. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus dengan menggunakan metode obervasi, wawancara, dan dokumentasi sebagai teknik pengumpulan data. Hasil penelitian ini diperoleh informasi bahwa 1) Strategi dalam mengubah pengetahuan dan sikap orang menggunakan model hierarki efek dengan tiga tahapan yakni afektif, kognitif, dan konatif. Penerapan strategi yang dilakukan DaQu Makassar berkaitan dengan social relationship theory, dan kombinasi dari teori SOR dan individual difference theory. Semakin berkembangnya zaman, digitalpun semakin marak digunakan sehingga upaya Daarul Qur’an melalui media onlinepun massif dilaksanakan untuk menggaet calon donatur juga. Media online yang digunakan oleh Daarul Qur’an Makassar yakni whatsapp, Instagram, facebook, dan website sedekah online. 2) Ada beberapa faktor yang membuat perolehan sedekah meningkat ataupun menurun yang dimuat dalam analisis SWOT.
Item Type: | Thesis (Disertasi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | strategi komunikasi, media online, SWOT |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Depositing User: | Andi Milu |
Date Deposited: | 18 Mar 2021 02:45 |
Last Modified: | 18 Mar 2021 02:45 |
URI: | http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/3646 |