CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY SEBAGAI OPERASIONALISASI IDEOLOGI PANCASILA BERBASIS SOCIAL EXCHANGE THEORY = CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY AS THE OPERATIONALIZATION OF PANCASILA IDEOLOGY BASED ON SOCIAL EXCHANGE THEORY


Attahmid, A. Nur Rahmah Nurmy (2024) CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY SEBAGAI OPERASIONALISASI IDEOLOGI PANCASILA BERBASIS SOCIAL EXCHANGE THEORY = CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY AS THE OPERATIONALIZATION OF PANCASILA IDEOLOGY BASED ON SOCIAL EXCHANGE THEORY. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
A062211039_tesis_04-04-2024 cover1.png

Download (160kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
A062211039_tesis_04-04-2024 1-2.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
A062211039_tesis_04-04-2024 dp.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
A062211039_tesis_04-04-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 23 August 2026.

Download (6MB)

Abstract (Abstrak)

A. NUR RAHMAH NURMY ATTAHMID. “Corporate Social Responsibility sebagai Operasionalisasi Ideologi Pancasila Berbasis Social Exchange Theory” (dibimbing oleh Darwis Said dan Sri Sundari).
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap social exchange theory dalam implementasi Corporate Social Responsibility dan apakah Corporate Social Responsibility dalam bingkai social exchange theory menunjukkan adanya operasionalisasi ideologi Pancasila. Informan dalam penelitian ini sebanyak 11 orang, yang terdiri 7 informan dari perusahaan, 3 informan suku dan masyarakat lokal, serta 1 informan ahli bidang Pancasila. Penelitian menggunakan metode kualitatif dengan melakukan pendekatan etnometodologi dengan teknik analisis data: (1) mengorganisasikan data, (2) mengelompokkan berdasarkan kategori, tema, dan pola jawaban, (3) menguji asumsi atau permasalahan yang ada terhadap data, (4) mencari alternatif penjelasan bagi data.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi social exchange di dalam implementasi Corporate Social Responsibility antara PT Sambaki Tambang Sentosa dengan masyarakat lokal yang berdampak pada tiga hal, yakni ekonomi, lingkungan, dan sosial. Implementasi Corporate Social Responsibility pada PT Sambaki Tambang Sentosa membuktikan adanya aktualisasi ideologi Pancasila secara subjektif. Program Corporate Social Responsibility yang dilakukan oleh PT Sambaki Tambang Sentosa terbukti telah mengoperasionalisasi ideologi Pancasila tersebut secara subjektif. Operasionalisasi tersebut terangkum dalam matriks program-program Corporate Social Responsibility PT STS sesuai dengan sila dan butir Pancasila yang melandasinya.

Keywords : Corporate Social Responsibility, Ideologi Pancasila, Social Exchange Theory

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Corporate Social Responsibility, Pancasila Ideology, Social Exchange Theory.
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Divisions (Program Studi): Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 04 Sep 2024 00:03
Last Modified: 04 Sep 2024 00:03
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/36338

Actions (login required)

View Item
View Item