EFEKTIVITAS GEL KOMBINASI EKSTRAK CANGKANG KERANG HIJAU (Perna viridis) DAN TERIPANG EMAS (Stichopus hermanii) PADA PENYEMBUHAN LUKA FENESTRASI APIKAL GIGI Rattus norvegicus MELALUI ANALISIS EKSPRESI TGF-β = THE USE OF GREEN CLAM SHELL (Perna viridis) AND GOLDEN SEA CUCUMBER (Stichopus hermanii) GEL IN HEALING APICAL FENESTRATION WOUNDS THROUGH TGF-β EXPRESSION ANALYSIS


Thamrin, Asrina Zohraeni (2024) EFEKTIVITAS GEL KOMBINASI EKSTRAK CANGKANG KERANG HIJAU (Perna viridis) DAN TERIPANG EMAS (Stichopus hermanii) PADA PENYEMBUHAN LUKA FENESTRASI APIKAL GIGI Rattus norvegicus MELALUI ANALISIS EKSPRESI TGF-β = THE USE OF GREEN CLAM SHELL (Perna viridis) AND GOLDEN SEA CUCUMBER (Stichopus hermanii) GEL IN HEALING APICAL FENESTRATION WOUNDS THROUGH TGF-β EXPRESSION ANALYSIS. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
J065202001_tesis_05-08-2024 cover1.jpg

Download (256kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
J065202001_tesis_05-08-2024 bab 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
J065202001_tesis_05-08-2024 dapus.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
J065202001_tesis_05-08-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 31 May 2026.

Download (3MB)

Abstract (Abstrak)

Latar belakang: Fenestrasi apikal adalah kondisi terbuka pada cortical plate tulang alveolar yang sering digambarkan seperti bentuk jendela dan melibatkan daerah apikal akar gigi. Cangkang kerang hijau dan teripang emas dapat digunakan sebagai antibakteri yaitu bahan yang efektif dalam proses penyembuhan luka dan mengandung bahan bioaktif yang tinggi, yaitu glikosaminoglikan juga kalsium yang berguna untuk mengurangi reaksi peradangan dan mempercepat proses regenerasi tulang.
Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan efektivitas aplikasi gel yang mengandung kombinasi hidroksiapatit cangkang kerang hijau dan teripang emas dalam proses penyembuhan luka fenestrasi apikal yang dilihat dari peningkatan ekspresi TGF-β1. Metode: Penelitian ini adalah penelitian eksperimental laboratoris dan uji klinis dengan rancangan penelitian posttest only control group design dengan 27 sampel wistar. Hewan coba dibagi menjadi 3 kelompok yaitu: kelompok kontrol negatif, kelompok kontrol positif (aplikasi gel Aloe vera) dan kelompok perlakuan (aplikasi gel kombinasi cangkang kerang hijau dan teripang emas) yang akan disacrificed dalam periode waktu 3, 7 dan 14 hari. Data dianalisis pada hewan coba menggunakan pemeriksaan imunohistokimia. Hasil: Hasil uji statistik one way anova dan uji post hoc LSD anova terlihat peningkatan ekspresi TGF-β1 nilai signifikan p<0,05 pada lesi jaringan lunak (gingiva) dan defek jaringan keras (alveolar) pada kelompok perlakuan. Bahan gel ini terbukti efektif dalam penyembuhan luka fenetrasi apikal melalui proses re epitelisasi jaringan dan remodeling tulang.Kesimpulan: Aplikasi gel kombinasi cangkang kerang hijau (Perna viridis) dan teripang emas (Stichopus hermanii) terbukti efektif dalam proses penyembuhan luka fenestrasi apikal pada gigi Rattus norvegicus dengan menganalisis adanya peningkatan ekspresi TGF-β1.

Kata Kunci : Fenestrasi apikal, cangkang kerang hijau, teripang emas, TGF-β

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Apical fenestration, green mussel shell, golden sea cucumber, TGF-β
Subjects: R Medicine > RK Dentistry
Divisions (Program Studi): Fakultas Pendidikan Dokter Gigi > Profesi Dokter Gigi
Depositing User: Unnamed user with username stfathirahs
Date Deposited: 23 Aug 2024 00:52
Last Modified: 23 Aug 2024 00:52
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/36318

Actions (login required)

View Item
View Item