PENGARUH STANDARDISASI PRODUK, INFRASTRUKTUR DAN INTEGRASI RANTAI PASOK TERHADAP KINERJA DAN DAYASAING PEDAGANG KAKAO DI PROVINSI SULAWESI BARAT


ADHA, WAHYU MAULID (2019) PENGARUH STANDARDISASI PRODUK, INFRASTRUKTUR DAN INTEGRASI RANTAI PASOK TERHADAP KINERJA DAN DAYASAING PEDAGANG KAKAO DI PROVINSI SULAWESI BARAT. Disertasi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
19_P0500314413_Disertasi_Cover1.jpg

Download (5kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
19_P0500314413_Disertasi(FILEminimizer) ... ok 1-2.pdf

Download (727kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
19_P0500314413_Disertasi(FILEminimizer) ... ok dapus-lam.pdf

Download (882kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
19_P0500314413_Disertasi(FILEminimizer) ... ok.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

WAHYU MAULID ADHA, Pengaruh Standardisasi Produk, Infrastruktur dan Integrasi Rantai Pasok terhadap Kinerja dan Dayasaing Pedagang Kakao di Provinsi Sulawesi Barat (dibimbing oleh Muhammad Yunus Zain, Muhammad Ismail , P dan Ria Mardiana ,Y)
Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh langsung standardisasi produk, infrastruktur dan integrasi rantai pasok terhadap dayasaing pedagang kakao di Provinsi Sulawesi Barat. Tujuan selanjutnya adalah menganalisis pengaruh tidak langsung standardisasi produk, infrastruktur dan integrasi rantai pasok terhadap dayasaing melalui kinerja, serta menganalisis pengaruh langsung kinerja terhadap dayasaing pedagang kakao di Provinsi Sulawesi Barat. Dengan menggunakan pendekatan explanatory research,pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan secara cross-section melalui kuesioner. Jumlah keseluruhan responden adalah sebanyak 200 pedagang kakao yang mencakup 6 Kabupaten/Kota di Sulawesi Barat. Metode analisis data yang digunakan dalam pengujian hipotesis adalah estimasi Structurai Equation Modeling (SEM). Temuan penelitian menunjukkan bahwa standardisasi produk tidak berpengaruh langsung terhadap dayasaing, akan tetapi berpengaruh tidak langsung terhadap daya saing melalui kinerja. Infrastruktur berpengaruh negative secara langsung terhadap dayasaing dan berpengaruh tidak langsung terhadap dayasaing melalui kinerja. Integrasi rantai pasok berpengaruh positif secara langsung terhadap dayasaing dan berpengaruh tidak langsung terhadap dayasaing melalui kinerja. Adapun kinerja berpengaruh positif secara langsung terhadap dayasaing.
Kata Kunci : Standardisasi Produk, Infrastruktur, Integrasi Rantai Pasok, Kinerja dan Daya saing.

Item Type: Thesis (Disertasi)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 18 Mar 2021 02:24
Last Modified: 18 Mar 2021 02:24
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/3622

Actions (login required)

View Item
View Item