Tren Love Language Dalam Media Sosial TikTok Pada Mahasiswa Universitas Hasanuddin di Kota Makassar = Tren Love Language in Media Social at the university student of hasanuddin the city of makassar


Nasrin.a, Fitri Yulianty (2024) Tren Love Language Dalam Media Sosial TikTok Pada Mahasiswa Universitas Hasanuddin di Kota Makassar = Tren Love Language in Media Social at the university student of hasanuddin the city of makassar. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
E071191039_skripsi_22-02-2024 Cover1.jpg

Download (209kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
E071191039_skripsi_22-02-2024 Bab 1-2.pdf

Download (624kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
E071191039_skripsi_22-02-2024 Dapus.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
E071191039_skripsi_22-02-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 17 January 2026.

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

Penelitian membahas tentang pandangan mahasiswa Universitas Hasanuddin terhadap tren love language, serta pemanfaatan media sosial TikTok dalam mengekspresikan cinta serta faktor-faktor yang mempengaruhi mahasiswa Universitas Hasanuddin dalam mengungkapkan cinta melalui tren love language. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan Etnografi. Teknik penentuan informan yang digunakan adalah karakteristik informan yang perlu dipertimbangkan dimana pertimbangan karakteristik yang dimaksud adalah informan yang dipilih harus memiliki pola pikir yang dewasa, mahasiswa Universitas Hasanuddin serta mengikuti tren love language pada akun media sosial TikTok yang informan miliki. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitin ini yaitu dengan menggunakan observasi terhadap akun media sosial Tiktok Informan dan wawancara mendalam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa masing-masing mahasiswa Universitas Hasanuddin memiliki bahasa cinta, serta alasan masing-masing dalam mengungkapkan cinta dengan cara yang berbeda-beda. Dimana faktor percaya diri juga perlu dalam proses pengungkapan bahasa cinta kepada orang terkasih, mahasiswa Universitas Hasanuddin juga memiliki pengetahuan yang terbaru tentang apa saja yang sedang viral atau sedang tren pada media sosial TikTok. Sebagian mahasiswa Universitas Hasanuddin juga senang menggunakan media sosial TikTok tidak hanya sebagai ungkapan kasih sayang dan rasa cinta tetapi juga sebagai media dalam mendapatkan informasi terbaru yang mereka anggap lebih update daripada media sosial lainnya. Love language dianggap sebagai ekspresi budaya karena diikuti oleh lebih dari individu.

Kata Kunci : Love Language, Media Sosial, Universitas Hasanuddin.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Love Language, Social Media, Hasanuddin University.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Antropologi Sosial
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 29 Aug 2024 02:13
Last Modified: 29 Aug 2024 02:13
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/36196

Actions (login required)

View Item
View Item