Dadang, Nanda Floren (2024) TINGKAT KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN TERHADAP PELAYANAN KEFARMASIAN DI INSTALASI FARMASI RSUD KOTA MAKASSAR. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.
N011181357_skripsi_01-03-2024 Bab 1-2.pdf
Download (411kB)
N011181357_skripsi_01-03-2024 Cover1.jpg
Download (283kB) | Preview
N011181357_skripsi_01-03-2024 Dapus.pdf
Download (1MB)
N011181357_skripsi_01-03-2024.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract (Abstrak)
Salah satu komponen penting yang berpengaruh dalam keberhasilan penyelenggaraan di rumah sakit yaitu pelayanan kesehatan. Pelayanan kesehatan yang berkualitas tidak hanya menyangkut tentang kesembuhan secara fisik akan tetapi menyangkut kepuasan pasien terhadap sikap, pengetahuan, dan keterampilan petugas dalam memberikan pelayanan kesehatan serta dapat memberikan kenyamanan kepada pasien. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan kefarmasian di RSUD Kota Makassar dengan menggunakan metode SERVQUAL (Service Quality). SERVQUAL terdiri atas lima dimensi yaitu (Bukti Nyata, Kehandalan, Empati, Respon, dan Jaminan). Instrumen yang digunakan diberikan langsung kepada pasien yang menjawab pertanyaan berdasarkan Skala Likert. Dari 110 responden, sebanyak 62% pasien menyatakan puas, berdasarkan persentase rata-rata setiap dimensi. Dapat disimpulkan bahwa pelayanan kefarmasian di instalasi farmasi rawat jalan RSUD Kota Makassar pada periode Juli – Agustus 2023 dinyatakan memuaskan bagi pasien.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pelayanan kefarmasian, Kepuasan pasien, Service Quality, RSUD Kota Makassar |
Subjects: | R Medicine > RS Pharmacy and materia medica |
Depositing User: | Andi Milu |
Date Deposited: | 29 Aug 2024 01:54 |
Last Modified: | 29 Aug 2024 01:54 |
URI: | http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/36103 |