PENGARUH PENERAPAN STANDAR AKUNTANSI DAN SISTEM PENGENDALIAN INTERN PEMERINTAH TERHADAP AKUNTABILITAS KEUANGAN PEMERINTAH MELALUI KUALITAS INFORMASI LAPORAN KEUANGAN (STUDI DI PEMERINTAH KOTA MAKASSAR) = THE EFFECT OF APPLICATION OF ACCOUNTING STANDARDS AND GOVERNMENT INTERNAL CONTROL SYSTEMS ON GOVERNMENT FINANCIAL ACCOUNTABILITY THROUGH THE QUALITY OF FINANCIAL REPORTING INFORMATION (STUDY IN MAKASSAR CITY GOVERNMENT)


Asri, Muhammad Fadil (2023) PENGARUH PENERAPAN STANDAR AKUNTANSI DAN SISTEM PENGENDALIAN INTERN PEMERINTAH TERHADAP AKUNTABILITAS KEUANGAN PEMERINTAH MELALUI KUALITAS INFORMASI LAPORAN KEUANGAN (STUDI DI PEMERINTAH KOTA MAKASSAR) = THE EFFECT OF APPLICATION OF ACCOUNTING STANDARDS AND GOVERNMENT INTERNAL CONTROL SYSTEMS ON GOVERNMENT FINANCIAL ACCOUNTABILITY THROUGH THE QUALITY OF FINANCIAL REPORTING INFORMATION (STUDY IN MAKASSAR CITY GOVERNMENT). Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
A062211040_tesis_23-02-2024 Cover1.jpg

Download (363kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
A062211040_tesis_23-02-2024 bab1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
A062211040_tesis_23-02-2024 Dapus.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
A062211040_tesis_23-02-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 13 August 2026.

Download (3MB)

Abstract (Abstrak)

Tujuan penelitian ini adalah menguji dan menganalisis pengaruh penerapan standar akuntansi pemerintahan (SAP) dan sistem pengendalian intern pemerintah (SPIP) terhadap kualitas informasi laporan keuangan dan akuntabilitas keuangan pemerintah. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner yang didistribusikan kepada 108 orang pegawai SKPD di Pemerintah Kota Makassar. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan SPSS 26 dengan analisis jalur dan dilengkapi dengan uji Sobel. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan SAP dan SPIP berpengaruh signifikan dan positif terhadap kualitas informasi laporan keuangan. Selain itu, kualitas informasi laporan keuangan berpengaruh signifikan dan positif terhadap akuntabilitas keuangan pemerintah. Selanjutnya, penerapan SAP dan SPIP juga berpengaruh signifikan dan positif terhadap akuntabilitas keuangan pemerintah, baik secara langsung maupun tidak langsung dengan dimediasi oleh kualitas informasi laporan keuangan. Hasil penelitian ini dapat bermanfaat bagi pemerintah sebagai bahan masukan dan pertimbangan dalam menentukan kebijakan, khususnya yang berkaitan dengan peningkatan kualitas informasi laporan keuangan dan akuntabilitas keuangan pemerintah.

Keywords : standar akuntansi pemerintahan, sistem pengendalian intern pemerintah, kualitas informasi laporan keuangan, akuntabilitas keuangan pemerintah

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Government accounting standards, Government internal control system, Quality of financial reporting information, Government financial accountability.
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Divisions (Program Studi): Fakultas Ekonomi > Ilmu Akuntasi
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 29 Aug 2024 02:13
Last Modified: 29 Aug 2024 02:13
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/36101

Actions (login required)

View Item
View Item