Karo Karo, Nasib (2024) ANALISIS PERENCANAAN DAN PENENTUAN STRATEGI USAHA PAKAN TERNAK DENGAN METODE QSPM PADA PT. CHAROEN POKPHAND INDONESIA DI MAKASSAR. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.
A012221022_tesis_05-01-2024 cover1.png
Download (189kB) | Preview
A012221022_tesis_05-01-2024 1-2.pdf
Download (2MB)
A012221022_tesis_05-01-2024 dp.pdf
Download (2MB)
A012221022_tesis_05-01-2024.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (6MB)
Abstract (Abstrak)
Analisis Perencanaan dan Penentuan Strategi Usaha Pakan Ternak dengan Metode QSPM pada PT Charoen Pokphand Indonesia di Makassar (dibimbing oleh Abd. Rahman Kadir dan Muh. Soebarsyah).
Tujuan penelitian ini adalah menganalisis faktor-faktor internal dan faktor- faktor eksternal yang mendukung dan menghambat kegiatan usaha pakan ternak serta menganalisis strategi usaha yang diterapkan di PT Charoen Pokphand Indonesia di Makassar dalam kegiatan usaha pakan ternak. Untuk mengimplementasikan tujuan penelitian, dilakukan observasi, interview, dokumentasi, dan kuesioner. Analisis data menggunakan teknik analisis SWOT, matriks faktor strategi internal (ifas), matriks faktor strategi eksternal (efas),
matriks twos, matriks space, matrik ie, dan matriks QSPM. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor strategi internal yang mendukung perusahaan, yakni memiliki perencanaan yang matang, produk yang berkualitas tinggi, jaringan pemasaran yang luas, CPI sebagai market leader, dan ketersediaan
budget untuk investasi teknologi, sedangkan faktor yang menghambat perusahaan, yakni bahan baku impor, masa kaduluwarsa, sistem pelaporan data yang belum maksimal, dan implementasi SAP belum merata di seluruh unit bisnis. Faktor eksternal yang mendukung dilihat dari faktor peluang, yakni munculnya teknologi baru; konsumsi daging ayam Indonesia masih 8.21 kg per kapita di bawah standar dunia 14.90 kg per kapita; dan adanya dukungan dari pemerintah, sedangkan faktor yang menghambat dilihat dari ancaman, yakni
banyaknya pesaing baru, ketergantungan bahan baku dari luar negeri, nilai tukar berfluktuasi, harga bahan baku yang berfluktuasi, wabah penyakit ternak dan perang harga antarperusahaan sejenis. Strategi yang dapat digunakan oleh perusahaan, yaitu strategi pertumbuhan dengan menerapkan metode
penetrasi pasar yakni terkait dengan fokus pada upaya meningkatkan pangsa pasar untuk produk atau layanan yang sudah ada di pasar.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
Divisions (Program Studi): | Fakultas Ekonomi > Manajemen |
Depositing User: | Nasyir Nompo |
Date Deposited: | 29 Aug 2024 00:40 |
Last Modified: | 29 Aug 2024 00:40 |
URI: | http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/36026 |