ANALISIS STRATEGI BISNIS UNTUK MENGEMBANGKAN KLINIK GIGI RAMAH ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS = ANALYSIS OF STRATEGY TO DEVELOPING DENTAL CLINIC FRIENDLY FOR CHILDREN WITH SPECIAL NEEDS


Fahruddin, Fahruddin (2024) ANALISIS STRATEGI BISNIS UNTUK MENGEMBANGKAN KLINIK GIGI RAMAH ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS = ANALYSIS OF STRATEGY TO DEVELOPING DENTAL CLINIC FRIENDLY FOR CHILDREN WITH SPECIAL NEEDS. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
A012222092_tesis_05-06-2024 cover1.png

Download (159kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
A012222092_tesis_05-06-2024 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
A012222092_tesis_05-06-2024 dp.pdf

Download (429kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
A012222092_tesis_05-06-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 2 August 2026.

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

Jumlah anak berkebutuhan khusus terus meningkat dari tahun ke tahun, sedangkan layanan kesehatan yang ramah terhadap mereka masih jarang ditemui, khususnya pada layanan kesehatan gigi dan mulut. Akibatnya, para orang tua yang memiliki anak berkebutuhan khusus kesulitan mendapatkan akses pelayanan kesehatan yang memadai. Di sisi bisnis, dengan menambahkan layanan kesehatan gigi dan mulut yang ramah anak berkebutuhan khusus dapat meningkatkan pasar bagi klinik gigi. Klinik gigi ramah anak berkebutuhan khusus masih jarang ditemui di Kata Makassar. Hal ini menjadi tantangan sekaligus peluang dalam waktu yang bersamaan. Tentu saja karena masih jarang ditemui, menjadi peluang untuk menjadi pionir pada usaha tersebut. Untuk itu perlu dilakukan strategi pembangunan klinik dengan menggunakan berbagai tools sebagai strategi bisnis untuk menciptakan klinik gigi pada segmen pasar anak berkebutuhan khusus. Di sisi lain, tidak adanya klinik gigi lain sebagai pembanding, menjadi tantangan tersendiri. Upaya yang dapat dilakukan adalah dengan melakukan benchmarking dari usaha sejenis di luar kota bahkan sampai ke luar negeri. Selain itu, penulis menganalisis faktor-faktor internal dan eksternal yang memengaruhi bisnis dan membuat strategi bisnis baru dengan menggunakan matriks TOWS. Strategi yang dihasilkan adalah pengembangan produk, pengembangan pasar, pengembangan sumber daya manusia dan pengembangan promosi yang dapat digunakan untuk mengatasi tantangan tersebut.

Keywords : strategi bisnis, matriks SWOT, QSPM, persaingan, jasa pelayanan kesehatan gigi dan mulut, anak berkebutuhan khusus

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Business strategy, SWOT matrix, QSPM, new entrances, dental and oral health services, children with special needs.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions (Program Studi): Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 29 Aug 2024 00:35
Last Modified: 29 Aug 2024 00:35
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/36020

Actions (login required)

View Item
View Item