ANALISIS STRATEGI PENGEMBANGAN BISNIS APOTEK HERLINA FARMA MENGGUNAKAN STRATEGI BUSINESS CANVAS MODEL (BMC) = AN ANALYSIS OF STRATEGY OF HERLINA FARMA PHARMACY BUSINESS DEVELOPMENT USING BUSINESS CANVAS MODEL (BMC)


Novitrianinggit, Prasita (2024) ANALISIS STRATEGI PENGEMBANGAN BISNIS APOTEK HERLINA FARMA MENGGUNAKAN STRATEGI BUSINESS CANVAS MODEL (BMC) = AN ANALYSIS OF STRATEGY OF HERLINA FARMA PHARMACY BUSINESS DEVELOPMENT USING BUSINESS CANVAS MODEL (BMC). Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
A012222038_tesis_27-06-2024 cover1.png

Download (169kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
A012222038_tesis_27-06-2024 1-2.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
A012222038_tesis_27-06-2024 dp.pdf

Download (190kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
A012222038_tesis_27-06-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 2 August 2026.

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

Prasita Novitrianinggit. Analisis Strategi Pengembangan Bisnis Apotek Herlina Farma Menggunakan Strategi Business Canvas Model (BMC). (Dibimbing oleh Abd. Rahman Kadir dan M. Sobarsyah).
Kemajuan teknologi serta perubahan demografi dan sosial menyebabkan masyarakat semakin kritis dan menuntut pelayanan di bidang farmasi secara tepat, cepat, dan komprehensif. Hal ini menjadi faktor terjadinya perubahan orientasi dalam industri farmasi dari drug oriented menjadi patient oriented. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisa model bisnis apotek Herlina Farma melalui pendekatan model bisnis kanvas, mengidentifikasi faktor – faktor kunci yang menjadi kekuatan serta kelemahan yang berpengaruh dalam operasional usaha apotek Herlina Farma, merumuskan rancangan strategi yang diperlukan untuk pengembangan bisnis apotek Herlina Farma. Hasil penellitian menemukan bahwa dari sembilan elemen BMC dipilih satu elemen yang menjadi prioritas utama apotek Herlina Farma untuk memperbaiki strategi bisnisnya yaitu pada elemen value propositions dengan menerapkan promo refreshment seperti pemberian diskon langsung pada produk tertentu, produk gratis untuk minimal pembelanjaan tertentu, hadiah langsung, kupon belanja, program loyalitas pelanggan dan gratis pemeriksaan kesehatan. Hasil BMC juga menunjukkan bahwa apotek Herlina Farma perlu melakukan renovasi desain apotek untuk menciptakan pengalaman belanja yang menarik bagi pelanggan.

Keywords : Model Bisnis, Bisnis Kanvas Model, Strategi Bisnis

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Business model, business model canvas, business strategic.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions (Program Studi): Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 29 Aug 2024 00:23
Last Modified: 29 Aug 2024 00:23
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/36003

Actions (login required)

View Item
View Item