Uji Efektivitas Fucoidan Sebagai Anti-Aging dalam Formulasi Penghantaran Transdermal Dissolving Microneedle = Anti-aging Effectiveness Study of Fucoidan in Transdermal Dissolving Microneedle Formulation


Achmad, Alghifary Anas (2024) Uji Efektivitas Fucoidan Sebagai Anti-Aging dalam Formulasi Penghantaran Transdermal Dissolving Microneedle = Anti-aging Effectiveness Study of Fucoidan in Transdermal Dissolving Microneedle Formulation. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
N012221037_tesis_13-03-2024 cover1.png

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
N012221037_tesis_13-03-2024 1-2.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
N012221037_tesis_13-03-2024 dp.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
N012221037_tesis_13-03-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 31 July 2026.

Download (4MB)

Abstract (Abstrak)

Latar Belakang. Penuaan kulit adalah proses alami yang menyebabkan berkurangnya komponen-komponen penting pada kulit. Hal ini mengakibatkan pembentukan garis halus, keriput, dan pigmentasi. Fucoidan memiliki potensi untuk mengatasi masalah kulit yang muncul akibat proses penuaan. Namun, sifat hidrofilik dan bobot molekul yang besar menyebabkan fucoidan sulit terabsorbsi ke dalam kulit sehingga mengurangi bioaktivitasnya. Tujuan. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji formulasi Dissolving Microneedle Fucoidan (DMN-F) dalam menghantarkan fucoidan dan efektivitasnya untuk mengatasi tanda-tanda penuaan. Metode. Formulasi DMN-F disiapkan dan dikarakterisasi/diuji; kekuatan mekanik dan kemampuan penetrasi, kelarutan, Moisture Absorbance Ability (MAA) pada kelembaban tertentu, uji permeasi dan retensi DMN-F dilakukan secara ex vivo, uji hemolisis dilakukan terhadap sel darah merah, dan uji in vivo dilakukan pada mencit untuk mengetahui aktivitas DMN-F terhadap parameter-parameter penuaan. Hasil. Formulasi DMN-F secara visual menunjukkan struktur yang konsisten dengan bentuk kerucut, runcing dan ukuran yang seragam. DMN-F memiliki ketahanan terhadap tekanan yang baik dan penetrasi hingga kedalaman 630 μm. Nilai MAA DMN-F yang baik pada kelembaban relatif 33% (RH). Uji permeasi menunjukkan bahwa DMN-F mampu menghantarkan hingga 95,03% dari total konsentrasi fucoidan ke dalam kulit dengan retensi yang lebih rendah. DMN-F efektif mengurangi keriput, meningkatkan elastisitas kulit, meningkatkan kelembaban kulit, dan meningkatkan ketebalan epidermis. Hasil histologi memperkuat temuan tentang efek positif DMN-F pada parameter penuaan kulit tersebut. Kesimpulan. Formulasi DMN-F secara efektif menghantarkan fucoidan ke dalam kulit dan menujukkan aktivitas yang baik dalam mengatasi tanda-tanda penuaan.

Keywords : Fucoidan, Dissolving Microneedle, Anti-aging, Penghantaran Transdermal, Uji In vivo

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Fucoidan, Dissolving Microneedle, Anti-aging, Transdermal Delivery, In vivo assay.
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions (Program Studi): Fakultas Farmasi > Farmasi
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 28 Aug 2024 01:02
Last Modified: 28 Aug 2024 01:02
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/35945

Actions (login required)

View Item
View Item