Penataan Permukiman Nelayan dalam Menunjang Desa Wisata Boddia, Kabupaten Takalar = The Arrangement of Fishermen Settlements in Supporting Boddia Tourism Village, Takalar Regency


Ambarwati, Asma Amne (2024) Penataan Permukiman Nelayan dalam Menunjang Desa Wisata Boddia, Kabupaten Takalar = The Arrangement of Fishermen Settlements in Supporting Boddia Tourism Village, Takalar Regency. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
D101191084_skripsi_26-02-2024 cover1.jpg

Download (245kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
D101191084_skripsi_26-02-2024 bab 1-2.pdf

Download (778kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
D101191084_skripsi_26-02-2024 dapus.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
D101191084_skripsi_26-02-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 10 January 2026.

Download (20MB)

Abstract (Abstrak)

Desa Boddia merupakan salah satu desa wisata di Kabupaten Takalar dengan potensi wisata alam dan budaya. Namun, disekitar titik potensi wisata terdapat permukiman nelayan Boddia yang kurang ditunjang dengan sarana prasarana permukiman serta fasilitas penunjang wisata. Sehingga, kurang memadainya sarana prasarana permukiman dan penunjang wisata dapat menimbulkan adanya penurunan kualitas dan keestetikan lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi karakteristik permukiman nelayan Boddia, menganalisa potensi dan permasalahan wisata berdasarkan atraksi, aktivitas, aksesibilitas, amenitas, ancillary, dan available packages (konsep 6A) serta menetapkan arahan penataan permukiman nelayan dalam menunjang Desa Wisata Boddia. Penelitian ini dilakukan di permukiman nelayan Boddia, Desa Boddia, Kecamatan Galesong, Kabupaten Takalar. Metode penelitian yang digunakan yaitu analisis kuantitatif dengan metode statistik deskriptif, analisis deskriptif kualitatif, analisis spasial, dan metode campuran kuantitatif dan kualitatif yaitu analisis strength, weakness, opportunities dan threats (SWOT) menggunakan perhitungan Internal Strategic Factors Analysis Summary (IFAS) dan External Strategic Factors Analysis Summary (EFAS). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) berdasarkan karakteristik fisik permukiman nelayan, didapatkan bahwa sebesar 85% kepemilikan lahan berupa hak pakai, pengelolaan persampahan buruk, dermaga yang rusak, tidak fungsionalnya Pangkalan Pendaratan Ikan (PPI), dan lain-lain. Adapun karakteristik non-fisik, dominan masyarakat bekerja sebagai nelayan dan terdapat sebuah budaya sebelum melaut; 2) potensi wisata cukup besar namun belum ditunjang dengan fasilitas penunjang wisata yang memadai serta kurangnya promosi wisata; 3) arahan penataan permukiman nelayan dalam menunjang Desa Wisata Boddia yaitu penambahan serta peningkatan kualitas sarana dan prasarana pada permukiman nelayan serta pada fasilitas penunjang wisata, pembangunan papan informasi pada bangunan budaya, peningkatan kualitas SDM dan promosi dengan digitalisasi desa wisata.

Kata Kunci : Penataan Permukiman, Kawasan Pesisir, Desa Wisata, Komponen Wisata, Desa Boddia

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Settlement Arrangement, Coastal Area, Tourism Village, Tourism Component, Boddia Village
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Teknik > Teknik Perencanaan Wilayah Kota
Depositing User: Unnamed user with username stfathirahs
Date Deposited: 25 Jul 2024 06:05
Last Modified: 25 Jul 2024 06:05
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/35824

Actions (login required)

View Item
View Item