Optimalisasi Efektivitas Ruang Terbuka Publik di Kawasan Tepian Air Sungai Pangkajene Kabupaten Pangkep = Optimizing The Effectiveness of Public Open Space in the Pangkajene Riverside Area


Azizah, Nur (2023) Optimalisasi Efektivitas Ruang Terbuka Publik di Kawasan Tepian Air Sungai Pangkajene Kabupaten Pangkep = Optimizing The Effectiveness of Public Open Space in the Pangkajene Riverside Area. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
D101181007_skripsi_26-02-2024 cover1.jpg

Download (266kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
D101181007_skripsi_26-02-2024 bab 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
D101181007_skripsi_26-02-2024 dapus.pdf

Download (892kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
D101181007_skripsi_26-02-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 1 January 2026.

Download (8MB)

Abstract (Abstrak)

Efektivitas suatu ruang publik dapat dinilai dari tingkat pemanfaatan oleh masyarakat pada jenis aktivitas dan interaksi sosial masyarakat di dalamnya. Ruang Terbuka Publik Tepian Air Sungai Pangkajene merupakan salah satu ruang terbuka publik yang ada di Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan, sekaligus menjadi landmark Kota Pangkep. Namun, pemanfaatan RTP ini dinilai masih belum maksimal karena terdapat perbedaan jumlah dan karakteristik pengunjung pada setiap segmen dan pemanfataan RTP yang hanya berpusat pada segmen tertentu. Di sisi lain, teori menyatakan bahwa ruang terbuka yang baik adalah ruang yang dapat dimanfaatkan sepanjang waktu dan oleh seluruh lapisan masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kondisi aspek fisik dan non RTP Tepian Air Sungai Pangkajene, menganalisis tingkat efektivitas RTP Tepian Air Sungai Pangkajene, dan menyusun arahan optimalisasi efektivitas RTP di Kawasan Tepian Air Sungai Pangkajene. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis deskriptif kuantitatif dan analisis skala likert untuk mengetahui kondisi eksisting RTP Tepian Air Sungai Pangkajene, analisis Good Public Space Index digunakan untuk mengkaji efektivitas RTP Tepian Air Sungai Pangkajene menggunakan interpretasi nilai indeks dari “0 hingga 1”, dan analisis sintesis literatur digunakan untuk memberikan arahan optimalisasi. Hasil analisis didapatkan nilai sebesar 0,70 termasuk dalam kategori tinggi, dari keenam variabel nilai terendah berasal dari variabel intensity of use dan people duration of stay. Penelitian ini merekomendasikan arahan optimalisasi peningkatan kualitas dan kuantitas aspek fisik untuk mengoptimalkan keenam variabel GPSI tersebut.

Kata Kunci : ruang terbuka publik, tepian air, Good Public Space Index (GPSI). sungai, pangkajene

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: public space, water edge, Good Public Space Index, river, pangkajene
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Teknik > Teknik Perencanaan Wilayah Kota
Depositing User: Unnamed user with username stfathirahs
Date Deposited: 25 Jul 2024 05:54
Last Modified: 25 Jul 2024 05:54
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/35822

Actions (login required)

View Item
View Item