Gambaran Dimensi Kepuasan Pasien Berdasarkan Importance Performance Analysis (IPA) di Instalasi Rawat Jalan RSUD Syekh Yusuf Gowa Tahun 2024 = Overview of the Dimensions of Patient Satisfaction Based on Importance Performance Analysis (IPA) in the Outpatient Installation of the Syekh Yusuf Gowa Regional General Hospital in 2024


Irawan, Andi Azisah Bari'ah Putri (2024) Gambaran Dimensi Kepuasan Pasien Berdasarkan Importance Performance Analysis (IPA) di Instalasi Rawat Jalan RSUD Syekh Yusuf Gowa Tahun 2024 = Overview of the Dimensions of Patient Satisfaction Based on Importance Performance Analysis (IPA) in the Outpatient Installation of the Syekh Yusuf Gowa Regional General Hospital in 2024. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
K011201089_skripsi_14-05-2024 cover1.png

Download (243kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
K011201089_skripsi_14-05-2024 1-2.pdf

Download (496kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
K011201089_skripsi_14-05-2024 dp.pdf

Download (548kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
K011201089_skripsi_14-05-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 4 April 2026.

Download (888kB)

Abstract (Abstrak)

Latar Belakang. Faktor yang mempengaruhi ketidakpuasan pasien akan pelayanan kesehatan di rumah sakit disebabkan oleh ketidaksesuaian harapan pasien dengan kenyataan didapatkan, seperti perawat dan dokter yang tidak memberikan perhatian terhadap keluhan pasien serta keluarga, tidak bersikap ramah, serta sulitnya berinteraksi dengan petugas kesehatan. Tujuan. Melihat tingkat kepentingan dan tingkat kinerja dari dimensi kepuasan pasien berdasarkan Importance Performance Analysis (IPA) di Instalasi Rawat Jalan RSUD Syekh Yusuf Gowa Tahun 2024. Metode. Teknik pengambilan sampel menggunakan accidental sampling yang selanjutnya dianalisis secara univariat menggunakan aplikasi SPSS 26 berdasarkan metode Importance Performance Analysis (IPA). Hasil. 5 dimensi yang terdiri dari 24 atribut. Terdapat 6 atribut yang berada pada kuadran A. Selanjutnya, 15 atribut berada pada kuadran B, kemudian 2 atribut berada pada kuadran C dan 1 atirbut berada pada kuadran D. Kesimpulan. Pihak rumah sakit diharapkan dapat mempertimbangkan strategi peningkatan kualitas pelayanan dalam penelitian ini agar dapat meningkatkan kualitas pelayanan di instalasi rawat jalan.

Keywords : kepuasan pasien; importance performance analysis (ipa)

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Patient Satisfaction; Importance Performance Analysis (ipa)
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions (Program Studi): Fakultas Kesehatan Masyarakat > Kesehatan Masyarakat
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 27 Aug 2024 05:40
Last Modified: 27 Aug 2024 05:40
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/35808

Actions (login required)

View Item
View Item