ANALISIS KELAYAKAN PEMASANGAN KONSTRUKSI GELADAK TRUNK PADA CRUDE PALM OIL (CPO) BARGE = ANALYSIS OF FEASIBILITY FOR INTALLING A TRUNK DECK CONTRUCTION ON CRUDE PALM OIL (CPO) BARGE


Manoppo, Mohammad Alvian (2023) ANALISIS KELAYAKAN PEMASANGAN KONSTRUKSI GELADAK TRUNK PADA CRUDE PALM OIL (CPO) BARGE = ANALYSIS OF FEASIBILITY FOR INTALLING A TRUNK DECK CONTRUCTION ON CRUDE PALM OIL (CPO) BARGE. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
D031191070_skripsi_26-02-2024 cover1.jpg

Download (226kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
D031191070_skripsi_26-02-2024 bab 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
D031191070_skripsi_26-02-2024 dapus.pdf

Download (716kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
D031191070_skripsi_26-02-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 1 January 2026.

Download (3MB)

Abstract (Abstrak)

Kelayakan merupakan hasil dari penelitian yang bertujuan untuk menentukan apakah sebuah usaha yang dijalankan dapat menghasilkan keuntungan yang cukup besar untuk mengatasi biaya modal awal yang telah dikeluarkan sebelumnya. Trunk merupakan bangunan yang berada diatas geladak utama kapal dengan tidak membentang sampai ke sisi kapal yang dimana berfungsi untuk menyimpan muatan cair. Untuk memenuhi peraturan Peraturan Menteri Perhubungan Nomor PM 24 Tahun 2022 dimana mengharuskan kapal memenuhi ketentuan konstruksi dasar ganda dan lambung ganda dalam hal ini dilakukan pada kapal CPO Barge maka akan berpengaruh pada berkurangnya kapasitas ruang muat. Bagi kapal tangki minyak yang masih tidak memenuhi ketentuan konstruksi dasar ganda dan lambung ganda, maka tidak dapat beroperasi terhitung tanggal 1 Juli 2026. Rancangan untuk menambah kapasitas ruang muat pada CPO barge dapat dilakukan dengan melakukan pemasangan konstruksi geladak trunk pada konstruksi geladak. Volume maksimal kapasitas ruang muat pada kapal CPO barge dapat bertambah sebesar 1254,02 m3. Hasil perhitungan lambung timbul sesuai dengan PM 39 Tahun 2016 dimana lambung timbul masih memenuhi kriteria lambung timbul minimum dan didapatkan nilai lambung timbul minimum yaitu sea water freeboard sebesar 502 mm dan fresh water freeboard sebesar 397 mm. Kebutuhan material pelat dan profil untuk pemasangan konstruksi geladak trunk yaitu pelat ukuran 8 mm x 5’ x 20’ sebanyak 31 lembar, pelat ukuran 9 mm x 5’ x 20’ sebanyak 7 lembar, pelat ukuran 12 mm x 5’ x 20’ sebanyak 38 lembar dan kebutuhan elektroda yaitu sebanyak 4982,14 batang elektroda atau 273,2 kg. Nilai investasi yang harus dikeluarkan untuk pemasangan konstruksi geladak trunk yaitu senilai Rp 1,813,506,888. Analisis stabilitas pada kondisi kapal kosong dan kapal muatan penuh telah memenuhi kriteria yang disyaratkan IMO yang dihitung menggunakan maxsurf stability.

Kata kunci : Kelayakan, CPO Barge, Lambung timbul, Trunk, Pelat dan Profil, Elektroda, Nilai investasi, Stabilitas

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Feasibility, CPO Barge, Freeboard, Trunk, Plates and Profiles, Electrodes, Investment value, Stability
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Teknik > Teknik Perkapalan
Depositing User: Unnamed user with username stfathirahs
Date Deposited: 23 Jul 2024 06:10
Last Modified: 23 Jul 2024 06:10
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/35741

Actions (login required)

View Item
View Item