REVIU JALUR EVAKUASI PADA KAPAL PENUMPANG BARANG 2000 GT = REVIEW OF THE EVACUATION PATH ON THE 2000 GT PIONEER PASSENGER SHIP


Anugrah, Muh. Fathin (2023) REVIU JALUR EVAKUASI PADA KAPAL PENUMPANG BARANG 2000 GT = REVIEW OF THE EVACUATION PATH ON THE 2000 GT PIONEER PASSENGER SHIP. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
D031191019_skripsi_26-02-2024 cover1.jpg

Download (217kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
D031191019_skripsi_26-02-2024 bab 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
D031191019_skripsi_26-02-2024 dapus.pdf

Download (4MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
D031191019_skripsi_26-02-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 1 January 2026.

Download (11MB)

Abstract (Abstrak)

Dalam beberapa dekade terakhir, keselamatan kapal penumpang besar telah mendapat perhatian yang signifikan saat mendesain dan mengoperasikan kapal penumpang, baik baru maupun lama. Pada saat terjadi kecelakaan kapal, evakuasi adalah bagian yang sangat penting karena proses evakuasi dilakukan untuk melindungi penumpang dan awak di sebuah kapal. Hal-hal perlu dilakukan sebelum proses evakuasi yaitu membuat dan mengetahui jalur evakuasi yang efektif dan efisien. pada penelitian ini akan membahas mengenai waktu evakuasi dan jalur evakuasi optimal dari berbagai proses evakuasi yang terjadi di kapal penumpang barang perintis 2000 GT.Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah Agent Based Model Simulation adalah pendekatan baru dalam simulasi permodelan sistem yang kompleks dimana agent/individu berinteraksi secara autonomus. Adapun proses pengujian simulasi menggunakan software pathfinder. Pathfinder adalah jalan keluar berbasis agen dan simulator pergerakan manusia. Ini menyediakan pengguna grafis antarmuka untuk desain dan eksekusi simulasi serta alat visualisasi 2D dan 3D untuk analisis hasil.Waktu simulasi pergerakan penumpang dan awak kapal disesuaikan dengan tingkat kepadatan di ruangan privat dan ruangan publik yang terjadi pada tiap skenario atau kejadian di jalur evakuasi dimana ditinjau di berbagai geladak sesuai dengan general arrangement. Proses evakuasi dengan akses terbatas di main deck dan tangga buritan serta tangga midship dengan akses terbuka menuju boat deck atau muster station akan melewati tangga bagian haluan di main deck yang membutuhkan waktu evakuasi yang lama untuk mengeluarkan seluruh penumpang dan awak kapal diantara skenario lainnya.Total waktu evakuasi penumpang berdasarkan simulasi dan hasil perhitungan menurut IMO dari skenario normal dan berbagai proses evakuasi dengan akses terbatas ini dengan tiap kondisi kepadatan penumpang di ruangan-ruangan memenuhi persyaratan waktu evakuasi berdasarkan IMO karena menghasilkan waktu yang masih dibawah standart dari IMO, sehingga kapal layak untuk berlayar mengangkut penumpang dan gambar general arrangement kapal perintis 2000 GT untuk jalur evakuasi menuju akses keluar/muster station dalam kondisi aman.

Kata Kunci : Jalur Evakuasi, Waktu Evakuasi, Proses Evakuasi

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Evacuation Route, Evacuation Time, Evacuation Process
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Teknik > Teknik Perkapalan
Depositing User: Unnamed user with username stfathirahs
Date Deposited: 23 Jul 2024 00:40
Last Modified: 23 Jul 2024 00:40
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/35712

Actions (login required)

View Item
View Item