PERENCANAAN POLA OPERASI KAPAL REDE RUTE TARAKAN - ANCAM DI PROVINSI KALIMANTAN UTARA = PLANNING A PETTERN A REDE SHIP RUTE TARAKAN - ANCAM IN NORTH KALIMANTAN PROVINCE


Pangloli, Rachel Archie (2023) PERENCANAAN POLA OPERASI KAPAL REDE RUTE TARAKAN - ANCAM DI PROVINSI KALIMANTAN UTARA = PLANNING A PETTERN A REDE SHIP RUTE TARAKAN - ANCAM IN NORTH KALIMANTAN PROVINCE. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
D031191003_skripsi_26-02-2024 cover1.jpg

Download (264kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
D031191003_skripsi_26-02-2024 bab 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
D031191003_skripsi_26-02-2024 dapus.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
D031191003_skripsi_26-02-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 1 January 2026.

Download (3MB)

Abstract (Abstrak)

Rachel Archie Pangloli, 2023. Perencanaan Pola Operasi Kapal Rede di Provinsi Kalimantan Utara Trayek Tarakan – Ancam. Departemen Teknik Perkapalan Fakultas Teknik Universitas Hasanuddin. (dibimbing oleh Abd. Haris Djalante, ST., MT dan Dr. A. Sitti Chairunnisa M, ST. MT) Kota Tarakan sebagai kota pulau, sangat tergantung dengan sarana transportasi laut untuk menghubungkannya ke wilayah lain. Sehingga kementrian perhubungan memberikan bantuan kepada dinas perhubungan Kalimantan Utara berupa hibah kapal. Atas dasar tersebut pola operasi kapal rede khususnya pada trayek Tarakan – Ancam perlu untuk dianilisis. Pola operasi dalam hal ini merupakan penetapan kapasitas angkutan, jumlah armada, dan jumlah frekuensi serta jadwal operasi yang diperlukan dalam rute pelayaran. Analisis regresi linear berganda merupakan pengembangan lanjut dari analisis regresi linear sederhana,
khususnya pada kasus yang mempunyai lebih banyak variabel bebasnya. Hal ini sangat diperlukan dalam kenyataannya. Regresi linier berganda adalah regresi yang melibatkan hubungan antara satu variabel tak bebas dihubungan dengan dua atau lebih variabel bebas. Bentuk umum persamaan regresi linier berganda. Jumlah Kapal Rede yang optimal beroperasi pada Rute Tarakan – Ancam berdasarkan jumlah permintaan muatan penumpang dan kendaraan hingga tahun 2030 adalah
Jumlah Armada 1 unit dengan Frekuensi 5 kali/ minggu. Adapun Kapasitas yang mampu diangkut adalah 80 orang penumpang, 6 unit kendaraan golongan II, 2 unitkendaraan golongan V. Sehingga Dilihat dari kesesuaian Kapal Rede dangan Pelabuhan Juata Laut dan Pelabuhan Ancam, maka dapat dikatakan secara teknis Kapal Rede layak dioperasikan pada kedua pelabuhan tersebut. Dibutuhkan kerja sama dengan pemerintah daerah setempat agar mendapatkan data penelitian yang lengkap agar menghasilkan perhitungan yang akurat dan Perlu diadakan penelitian lebih lanjut mengenai menurunnya permintaan jasa transportasi rute Tarakan –Ancam.

Kata Kunci : Kapal Rede, Pola Operasi Kapal Rede, Analisis Linier Berganda, Permintaan Muatan, Jumlah Armada, Kelayakan operasi

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Rede ship, Operation pattern on the rede ship, Multiple linear regression, Load Request, Fleet Number, Operation Worthiness
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Teknik > Teknik Perkapalan
Depositing User: Unnamed user with username stfathirahs
Date Deposited: 22 Jul 2024 07:22
Last Modified: 22 Jul 2024 07:22
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/35706

Actions (login required)

View Item
View Item