Penggunaan Verba Telis dan Verba Atelis pada Alternate Universe di Twitter = The Use of Verbs Telic and Verbs Atelic in the Alternate Universe on Twitter


Koda, Sri Wahyuningsih (2024) Penggunaan Verba Telis dan Verba Atelis pada Alternate Universe di Twitter = The Use of Verbs Telic and Verbs Atelic in the Alternate Universe on Twitter. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
F011181308_skripsi_03-07-2024 cover1.png

Download (151kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
F011181308_skripsi_03-07-2024 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
F011181308_skripsi_03-07-2024 dp.pdf

Download (11MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
F011181308_skripsi_03-07-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 19 July 2026.

Download (14MB)

Abstract (Abstrak)

SRI WAHYUNINGSIH KODA. Penggunaan Verba Telis dan Verba Atelis pada Alternate Universe di Twitter (dibimbing oleh Kaharuddin dan Lukman).
Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan: 1) perilaku morfologis verba telis dan verba atelis pada alternate universe di twitter dan 2) perilaku sintaksis verba telis dan verba atelis pada alternate universe di twitter. Metode penggumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode simak dengan teknik catat, sedangkan metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Data pada penelitian ini bersumber dari alternate universe di twitter berupa kata atau frasa yang mengandung verba telis dan verba atelis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perilaku morfologis yang dimiliki verba telis dan verba atelis berupa verba dasar dan verba turunan. Verba turunan yang menjadi sasaran penelitian ini adalah verba turunan berafiks. Afiks-afiks yang membentuk verba telis dan verba atelis berupa prefiks dan afiks kombinasi. Prefiks yang membentuk verba telis berupa prefiks meng- dan prefiks ber-. Prefiks yang membentuk verba atelis berupa prefiks meng-, prefiks ber-, dan prefiks ter-. Afiks kombinasi yang membentuk verba telis berupa meng-i dan meng-kan. Afiks kombinasi yang membentuk verba atelis berupa meng-i, meng-kan dan memper-kan. Adapun perilaku sintaksis yang dimiliki verba telis dan verba atelis pada tataran frasa berupa frasa endosentrik atributif yang ditandai dengan kata yang disebut sebagai pewatas. Adapun pewatas yang mendampingi verba telis adalah kata sudah. Verba atelis didampingi oleh pewatas berupa kata lagi, kata masih, dan kata sedang. Sementara itu, fungsi atau sifat yang dimiliki verba telis dalam tataran kalimat berupa fungsi predikat dan fungsi keterangan.Verba atelis menduduki fungsi sebagai predikat, pelengkap, dan keterangan yang bersifat atributif.

Keywords : Verba telis, Verba atelis, twitter, Afiksasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Telis verbs, Atelis verbs, twitter, Affixation.
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Indonesia
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 12 Aug 2024 07:09
Last Modified: 12 Aug 2024 07:09
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/35630

Actions (login required)

View Item
View Item