Madrasah Aliyah: Studi Integrasi Ilmu Agama dan Sains di Sekolah Islam serta Implikasinya Terhadap Aspirasi Karier Lulusan = Madrasah Aliyah: A Study of Integrating Religious Sciences and Sciences in Islamic School and Its Implications for Graduates' Career Aspirations


Rizki, Andi Muhammad (2024) Madrasah Aliyah: Studi Integrasi Ilmu Agama dan Sains di Sekolah Islam serta Implikasinya Terhadap Aspirasi Karier Lulusan = Madrasah Aliyah: A Study of Integrating Religious Sciences and Sciences in Islamic School and Its Implications for Graduates' Career Aspirations. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
E071201013_skripsi_10-07-2024 cover1.png

Download (497kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
E071201013_skripsi_10-07-2024 1-2.pdf

Download (870kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
E071201013_skripsi_10-07-2024 dp.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
E071201013_skripsi_10-07-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 19 July 2026.

Download (3MB)

Abstract (Abstrak)

Latar belakang. Sering kali kita menemukan beberapa orang membandingkan antara ilmu agama dan sains, sehingga keduanya dipisahkan satu sama lain yang kemudian disebut dengan istilah ‘dikotomi’. Lawan dari istilah tersebut adalah ‘integrasi’, yakni menggabungkan keduanya. Lembaga pendidikan yang berupaya untuk mengintegrasikan keduanya adalah ‘Madrasah’. Namun dalam hal karier, lulusan Madrasah, khususnya Madrasah Aliyah (MA) banyak yang memutuskan untuk berprofesi di bidang non-agama. Seperti di MA As’adiyah misalnya. Seperti apa integrasi yang dipahami dan diterapkan di MA As’adiyah serta pengaruhnya pada aspirasi karier para siswanya belum diketahui secara pasti. Tujuan. Karenanya tujuan dari penelitian ini adalah 1) menjelaskan konsepsi Madrasah Aliyah terkait ilmu agama dan sains serta kaitan fungsional keduanya. 2) menggambarkan bentuk pengintegrasian ilmu agama dan sains, 3) menganalisis efektivitas pembelajaran ilmu agama dan sains terhadap aspirasi karier para lulusannya. Metode. Penelitian ini menggunakan kualitatif-etnografi dengan teknik observasi partisipasi, wawancara mendalam, dan kajian dokumen dalam pengumpulan datanya. Kemudian informannya ditentukan secara sengaja dengan kriteria tertentu. Hasil. Saya menemukan bahwa konsepsi MA As’adiyah mengenai integrasi adalah menjadikan ilmu agama sebagai landasan fundamental dalam membentuk akhlak mulia, sedangkan sains sebagai bekal pengetahuan dan keterampilan untuk mencari penghidupan. Adapun bentuk-bentuk penerapannya dapat diketahui melalui kurikulum pembelajaran, kompetensi guru, proses belajar dan penyediaan sarana/prasarana pendidikan. Kemudian, saya menemukan bahwa implikasi dari integrasi tersebut masih belum terlalu efektif, karena beberapa siswa tidak merasakan dampak yang signifikan terhadap aspirasi kariernya. Akan tetapi, saya juga menemukan bahwa integrasi yang ada di MA As’adiyah cukup efektif pada mereka yang memiliki motivasi/dorongan belajar yang tinggi.

Keywords : Integrasi; Ilmu Agama dan Sains; Aspirasi Karier; Madrasah Aliyah; As’adiyah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: integration; religious and scientific knowledge; career aspirations; Madrasah Aliyah; As’adiyah.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Antropologi Sosial
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 12 Aug 2024 06:18
Last Modified: 12 Aug 2024 06:18
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/35607

Actions (login required)

View Item
View Item