PENGARUH KEBIJAKAN DIVIDEN, LEVERAGE, DAN KOMITE AUDIT TERHADAP MANAJEMEN LABA DENGAN PROFITABILITAS SEBAGAI VARIABEL MODERASI = THE EFFECT OF DIVIDEND POLICY, LEVERAGE, AND AUDIT COMMITTEE ON PROFIT MANAGEMENT WITH PROFITABILITY AS A MODERATION VARIABLE


Aldrin, A. Indah Deliyanti (2024) PENGARUH KEBIJAKAN DIVIDEN, LEVERAGE, DAN KOMITE AUDIT TERHADAP MANAJEMEN LABA DENGAN PROFITABILITAS SEBAGAI VARIABEL MODERASI = THE EFFECT OF DIVIDEND POLICY, LEVERAGE, AND AUDIT COMMITTEE ON PROFIT MANAGEMENT WITH PROFITABILITY AS A MODERATION VARIABLE. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
A062212022_tesis_04-04-2024 cover1.png

Download (167kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
A062212022_tesis_04-04-2024 1-2.pdf

Download (6MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
A062212022_tesis_04-04-2024 dp.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
A062212022_tesis_04-04-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 17 July 2026.

Download (7MB)

Abstract (Abstrak)

Manajemen laba sering terjadi pada perusahaan go public, di mana perusahaan memanipulasi laporan keuangannya untuk menunjukkan kinerja yang lebih baik dari kenyataannya. Hal ini dapat dilakukan dengan berbagai cara, seperti menunda pengakuan pendapatan, mempercepat pengakuan beban, dan lain sebagainya. Penelitian ini bertujuan menguji dan menganalisis pengaruh Kebijakan Dividen, Leverage dan Komite Audit terhadap Manajemen Laba dengan Profitabilitas sebagai variabel moderasi. Objek penelitian ini adalah perusahaan pertambangan yang yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2018-2022.Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linear berganda dan moderated regression analysis (MRA). Hasil penelitian menemukan bahwa kebijakan dividen, leverage, dan komite audit berpengaruh negatif terhadap manajemen laba, sedangkan profitabilitas mampu memperkuat pengaruh kebijakan dividen terhadap manajemen laba, profitabilitas mampu memperkuat pengaruh leverage terhadap manajemen laba, dan profitabilitas mampu memperlemah pengaruh komite audit terhadap manajemen laba. Penelitian ini menemukan bahwa perusahaan dengan kebijakan dividen, leverage, dan komite audit yang tinggi cenderung melakukan manajemen laba lebih rendah. Profitabilitas perusahaan dapat memperkuat pengaruh kebijakan dividen dan leverage terhadap manajemen laba, dan memperlemah pengaruh komite audit. Investor dapat menggunakan informasi ini untuk memilih perusahaan yang berisiko rendah melakukan manajemen laba, regulator dapat memperkuat aturan terkait, dan manajemen perlu menerapkan kebijakan yang transparan dan akuntabel untuk meningkatkan kepercayaan investor.

Keywords : Manajemen Laba, Kebijakan Dividen, Leverage, dan Komite Audit.

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Earnings management, Dividend policy, Leverage, Audit Committee.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 01 Aug 2024 06:33
Last Modified: 01 Aug 2024 06:33
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/35538

Actions (login required)

View Item
View Item