Aplikasi metode analisis spektrofotometri UV-Vis untuk penentuan kadar rivastigmin tartrat pada sediaan separable-effervescent microneedles = Application of UV-Vis spectrophotometric to quantify rivastigmine tartrate in separable-effervescent microneedles


Ramadhani, Novianti Nur (2024) Aplikasi metode analisis spektrofotometri UV-Vis untuk penentuan kadar rivastigmin tartrat pada sediaan separable-effervescent microneedles = Application of UV-Vis spectrophotometric to quantify rivastigmine tartrate in separable-effervescent microneedles. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
N011201017_skripsi_13-03-2024 cover1.png

Download (554kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
N011201017_skripsi_13-03-2024 1-2.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
N011201017_skripsi_13-03-2024 dp.pdf

Download (972kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
N011201017_skripsi_13-03-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 16 July 2026.

Download (3MB)

Abstract (Abstrak)

Latar belakang. Rivastigmin tartrat (RT) merupakan salah satu lini pertama untuk terapi alzheimer yang disetujui oleh Food and Drug Administration (FDA) yang hingga saat ini sistem penghantarannya terus dikembangkan untuk meningkatkan efektivitas penghantaran RT. Salah satu sistem penghantaran RT yang dikembangkan adalah separable-effervescent microneedle (SEMNs). Dalam pengembangan sistem penghantaran SEMNs, diperlukan metode analisis yang valid dan dapat diaplikasikan untuk mengukur kadar RT dalam sistem SEMNs. Tujuan. Penelitian ini bertujuan untuk mengaplikasikan metode spektrofotometri UV-Vis untuk penentuan kadar RT pada sediaan SEMNs-RT. Metode. Penelitian ini merupakan riset eksperimental yang terdiri dari beberapa tahap yaitu: 1) formulasi separable-effervescent microneedles rivastigmin tartrat (SEMNs-RT); 2) pengukuran kadar RT dalam sediaan SEMNs-RT; 3) uji permeasi secara in vitro; dan 4) uji permeasi secara ex vivo. Hasil. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa kadar perolehan kembali RT dalam sediaan SEMNs berada pada rentang yang direkomendasikan oleh international council for harmonisation (ICH) (95-105%). Selain itu, hasil uji permeasi secara in vitro dan ex vivo menunjukkan bahwa sediaan SEMNs-RT berpotensi mencapai sistem pelepasan berkelanjutan yang diinginkan untuk meningkatkan efektivitas RT dalam pengobatan Alzheimer. Kesimpulan. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa formula M2 separable-effervescent microneedles-rivastigmin tartrat (SEMNs-RT) berpotensi mencapai sistem pelepasan berkelanjutan yang diinginkan dan meningkatkan efektivitas RT dalam terapi AZ. Metode analisis spektrofotometri UV-Vis dapat diaplikasikan untuk penentuan kadar RT dalam sediaan separable-effervescent microneedles rivastigmin tartrat (SEMNs-RT).

Keywords : Alzheimer; microneedles; kolorimetri; rivastigmin tartrat; spektrofotometri UV-Vis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Alzheimer's, microneedles, colorimetry, rivastigmine tartrate, UV Vis spectrophotometry.
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Farmasi > Farmasi
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 01 Aug 2024 00:38
Last Modified: 01 Aug 2024 00:38
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/35491

Actions (login required)

View Item
View Item