Rahma, Nur (2024) Pengaruh Pemberian Edukasi Terhadap Kepatuhan Mengonsumsi Multiple Micronutrient Suplemen (MMS) Dan Kadar Hb Pada Ibu Hamil Di Kabupaten Maros = The Effect of Nutrition Education on Compliance with Consuming Multiple Micronutrient Supplements (Mms) and Hb Levels in Pregnant Women in Maros Regency. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.
K042221012_tesis_07-06-2024 cover1.png
Download (270kB) | Preview
K042221012_tesis_07-06-2024 1-2.pdf
Download (571kB)
K042221012_tesis_07-06-2024 dp.pdf
Download (650kB)
K042221012_tesis_07-06-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 15 July 2026.
Download (1MB)
Abstract (Abstrak)
Latar belakang Anemia merupakan salah satu masalah gizi yang dihadapi ibu hamil. Yang disebabkan karena kurangnya asupan gizi, terutama zat gizi mikro. Multiple Micronutrient Supplementation (MMS) kaya akan zat gizi mikro yang merupakan salah satu upaya pemenuhan gizi ibu hamil. Tujuan penelitian untuk menilai pengaruh video edukasi terhadap kepatuhan, peningkatan kadar Hb dalam mengonsumsi Suplemen Multi Mikronutrien (MMS). Metode penelitian ini merupakan penelitian quasy eksperiment, dengan desain penelitian pre-test and post-test group design. Desain ini digunakan untuk membandingkan hasil pengukuran sebelum dan sesudah perlakuan pada dua kelompok. Penelitian ini menggunakan 2 kelompok yaitu kelompok intervensi yang mendapat perlakuan berupa MMS + Edukasi dan kelompok kontrol yang diberikan MMS saja. Hasil penelitian yang menunjukan pada kelompok kontrol dan intervensi terdapat perubahan kadar Hb ibu hamil sebelum dan sesudah perlakuan. Pada kelompok intervensi Hb sebelum 11,4 g/dL meningkat menjadi 12,3 g/dl dengan hasil uji paired t test nilai p= 0,000,). Hal ini menunjukkan adanya perubahan yang signifikan pada kadar hb ibu hamil setelah perlakuan kelompok intervensi. Pada kelompok kontrol kadar hb sebelum 11,5 g/dl meningkat menjadi 11,8 g/dl, terdapat perubahan kadar Hb dengan nilai p=0,033*, yang menunjukkan adanya perubahan signifikan meskipun kenaikan kadar hbnya sedikit. Tingkat kepatuhan mengonsumsi MMS, pada kelompok intervensi mengonsumsi > 75 tablet. Sedangkan pada kelompok kontrol tanpa edukasi menujukan mengonsumsi < 70. Hasil uji Independent t test p=0,000 (p<0,05) menunjukan ada perbedaan yang signifikan antara jumlah tablet MMS yang dikonsumsi oleh kelompok intervensi dan kelompok kontrol. Kesimpulan hasil penelitian bahwa terdapat pengaruh pemberian edukasi video terhadap pengetahuan ibu hamil, yang diberikan MMS + edukasi lebih efektif meningkatkan kepatuhan, kadar hb, dibandingkan pemberian MMS saja.
Keywords : Anemia, MMS, Edukasi video, Hb.
Item Type: | Thesis (Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Anemia, MMS, Video education, Hb. |
Subjects: | Q Science > Q Science (General) |
Divisions (Program Studi): | Fakultas Kesehatan Masyarakat > Ilmu Gizi |
Depositing User: | S.Sos Rasman - |
Date Deposited: | 25 Jul 2024 06:17 |
Last Modified: | 25 Jul 2024 06:17 |
URI: | http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/35437 |