HUBUNGAN KUALITAS PELAYANAN KEPERAWATAN DENGAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN DI RUANG INSTALASI GAWAT DARURAT (IGD) RSUP. DR. TADJUDDIN CHALID MAKASSAR


H. Sulu, Ramli (2024) HUBUNGAN KUALITAS PELAYANAN KEPERAWATAN DENGAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN DI RUANG INSTALASI GAWAT DARURAT (IGD) RSUP. DR. TADJUDDIN CHALID MAKASSAR. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of R011221055_skripsi_29-02-2024 Cover1.jpg]
Preview
Image
R011221055_skripsi_29-02-2024 Cover1.jpg

Download (257kB) | Preview
[thumbnail of R011221055_skripsi_29-02-2024 Bab 1-2.pdf] Text
R011221055_skripsi_29-02-2024 Bab 1-2.pdf

Download (586kB)
[thumbnail of R011221055_skripsi_29-02-2024.pdf] Text
R011221055_skripsi_29-02-2024.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[thumbnail of R011221055_skripsi_29-02-2024 Dapus.pdf] Text
R011221055_skripsi_29-02-2024 Dapus.pdf

Download (762kB)

Abstract (Abstrak)

Ramli H. Sulu. R011221055. HUBUNGAN KUALITAS PELAYANAN KEPERAWATAN DENGAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN DI RUANG INSTALASI GAWAT DARURAT (IGD) RSUP. DR. TADJUDDIN CHALID MAKASSAR, dibimbing oleh Takdir Tahir dan Wa Ode Nur Isnah Sabriyati Latar belakang: Rumah sakit merupakan sarana pelayanan kesehatan yang diharapkan mampu memberikan pelayanan yang efektif dan efisien kepada masyarakat pengguna jasa layanan kesehatan sehingga dapat memberikan kepuasan pada pasien. Tujuan Penelitian: Untuk mengetahui hubungan kualitas pelayanan keperawatan dengan tingkat kepuasan pasien di ruang IGD RSUP Dr. Tadjuddin Chalid Makassar. Metode: Penelitian ini menggunakan deskriptif korelatif dengan pendekatan cross sectional. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner berupa pertanyaan. Sampel pada penelitian ini berjumlah 98 pasien yang menjalani perawatan di ruang IGD RSUP Dr. Tadjuddin Chalid Makassar. Uji statistik yang digunakan adalah uji Chi-Square dengan tingkat signifikan α<0,05. Hasil: Penelitian ini menunjukkan bahwa responden yang kualitas pelayanan keperawatan baik berjumlah 90 orang, dimana terdapat 97,8% yang mengatakan puas dan 2,2% yang mengatakan kurang puas. Di lain pihak, responden yang mengatakan kualitas pelayanan keperawatan kurang berjumlah 8 orang, dimana terdapat 37,5% yang mengatakan puas dan 62,5% yang mengatakan kurang puas. Hasil uji statistik dengan Chi-square diperoleh nilai ρ=0,000. Kesimpulan dan saran: Ada hubungan kualitas pelayanan keperawatan dengan tingkat kepuasan pasien di ruang IGD RSUP Dr. Tadjuddin Chalid Makassar. Oleh karena itu, diharapkan pihak Rumah Sakit untuk meningkatkan aspek bukti fisik seperti pemberian pelatihan kepada perawat sehingga dapat menggunakan alat kerja secara efisien sesuai dengan kebutuhan pasien.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions (Program Studi): Fakultas Keperawatan > Keperawatan
Depositing User: - Andi Anna
Date Deposited: 24 Jul 2024 01:47
Last Modified: 24 Jul 2024 01:47
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/35345

Actions (login required)

View Item
View Item