PERLINDUNGAN HUKUM BAGI PENGGUNA SITUS INTERNET TERHADAP IKLAN SEROBOT (INTRUSIVE ADVERTISING)


Wirabuana, Satrio Aji Putra (2023) PERLINDUNGAN HUKUM BAGI PENGGUNA SITUS INTERNET TERHADAP IKLAN SEROBOT (INTRUSIVE ADVERTISING). Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of B11116375_skripsi_27-12-2023 cover1.png] Image
B11116375_skripsi_27-12-2023 cover1.png

Download (194kB)
[thumbnail of B11116375_skripsi_27-12-2023 1-2.pdf] Text
B11116375_skripsi_27-12-2023 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of B11116375_skripsi_27-12-2023 dp.pdf] Text
B11116375_skripsi_27-12-2023 dp.pdf

Download (379kB)
[thumbnail of B11116375_skripsi_27-12-2023.pdf] Text
B11116375_skripsi_27-12-2023.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

SATRIO AJI PUTRA WIRABUANA (B11116375), dengan judul “Perlindungan Hukum Bagi Pengguna Situs Internet Terhadap Iklan Serobot (Intrusive Advertising)”. Dibimbing oleh Sakka Pati selaku pembimbing utama dan Amaliyah selaku pembimbing pendamping. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji kriteria iklan yang dilarang dalam peraturan perundang-undangan dan untuk mengetahui bentuk perlindungan hukum bagi pengguna yang mengakses situs internet yang menampilkan iklan serobot (intrusive advertising). Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian hukum empiris yang bersumber dari data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan melakukan pengumpulan data melalui kuesioner dan dengan melakukan wawancara serta studi kepustakaan yaitu memperoleh data yang bersumber dari perundang-undangan dan buku-buku. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) kriteria iklan yang dilarang dalam aturan perundang-undangan pada UU Informasi Transaksi Elektronik berupa iklan yang bermuatan negatif dan pada Etika Pariwara Indonesia berupa penayangan iklan yang mengganggu keleluasaan pengguna internet. (2) bentuk perlindungan hukum bagi pengguna situs internet terhadap iklan serobot (intrusive advertising) berupa perlindungan hukum preventif dapat dilakukan melalui kesadaran pelaku usaha periklanan dengan mengedepankan prinsip self-regulated untuk mematuhi aturan-aturan yang telah diatur dalam Undang-Undang dan Etika Pariwara Indonesia, dan juga berupa perlindungan hukum represif dapat dilakukan melalui penyelesaian sengketa melalui Dewan Periklanan Indonesia dan pengajuan gugatan di pengadilan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Nasyir Nompo
Date Deposited: 17 Jul 2024 01:43
Last Modified: 17 Jul 2024 01:43
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/35272

Actions (login required)

View Item
View Item