Analisis Efektivitas Penggunaan Terminal Regional Malengkeri = Analysis of the Effectiveness of Using the Malengkeri Regional Terminal


Pandeirot, David Kristofani (2024) Analisis Efektivitas Penggunaan Terminal Regional Malengkeri = Analysis of the Effectiveness of Using the Malengkeri Regional Terminal. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
D011191141_skripsi_04-04-2024 cover1.png

Download (157kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
D011191141_skripsi_04-04-2024 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
D011191141_skripsi_04-04-2024 dp.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
D011191141_skripsi_04-04-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 9 July 2026.

Download (8MB)

Abstract (Abstrak)

Transportasi adalah salah satu mata rantai jaringan distribusi barang dan mobilitas penumpang yang berkembang sangat dinamis serta berperan dalam mendukung, mendorong, dan menunjang segala aspek kehidupan, baik dalam pembangunan politik, ekonomi, sosial, budaya, pertahanan, dan keamanan. Efek dari aktivitas yang semakin beragam menyebabkan pergerakan manusia semakin beragam, sehingga diperlukan suatu sistem yang mengatur pergerakan. Hal ini diatur dalam peraturan perundang-undangan tentang sistem transportasi di Indonesia yang disebut sebagai terminal. Terminal merupakan prasarana transportasi jalan untuk keperluan memuat dan menurunkan orang dan/atau barang serta mengatur kedatangan dan pemberangkatan kendaraan umum, yang merupakan salah satu wujud simpul jaringan transportasi.
Dilakukannya penelitian ini dengan cara mengamati dan inventarisasi fasilitas dan sirkulasi yang ada di terminal, bertujuan untuk menelaah kualitas dari suatu terminal yaitu menganalisis karakteristik Terminal Malengkeri dan meneliti efektivitas penggunaan Terminal Malengkeri.
Tahapan penelitian dilaksanakan dengan cara observasi fasilitas, sirkulasi dan wawancara dalam bentuk kuesioner kepada para pengguna terminal yang di mana para pengguna ini adalah penumpang dan supir, setelah mendapatkan data yang diperlukan kemudia data tersebut diolah menggunakan perangkat lunak yang dapat membantu jalannya penelitian
Dari penelitian ini dapat diperoleh hasil bahwa berdasarkan PM No 40 Tahun 2015, terminal Malengkeri hanya menyediakan 46% fasilitas yang diperlukan dari total fasilitas yang seharusnya ada, keadaan fasilitas yang ada juga 84% layak digunakan sedangkan dari PM No 24 Tahun 2021, terminal Malengkeri hanya menyediakan 48% fasilitas yang diperlukan dari total fasilitas yang seharusnya ada, keadaan fasilitas yang ada sebesar 80% layak digunakan. Setelah dilakukan analisis mendalam dengan menggunakan metode IPA dan CSI, didapatkan masih banyak fasilitas yang perlu diperbaiki dan kepuasaan pengguna terminal masih jauh dari kata layak. Hal ini dipengaruhi juga dengan sikulasi terminal yang masih kurang baik sehingga membuat para pengguna kesulitan dalam menggunakan terminal.

Kata Kunci: Terminal, Fasilitas, Sirkulasi

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Terminal, Facility, Circulation
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 09 Jul 2024 07:36
Last Modified: 09 Jul 2024 07:36
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/35266

Actions (login required)

View Item
View Item