PENGARUH EARNING VOLATILITY, FREE CASH FLOW DAN BONUS PLAN TERHADAP INCOME SMOOTHING DENGAN KOMISARIS INDEPENDEN SEBAGAI MODERASI = THE EFFECT OF EARNING VOLATILITY, FREE CASH FLOW AND BONUS PLAN ON INCOME SMOOTHING WITH INDEPENDENT COMMISSIONERS AS MODERATION


Ratnasari, Novia (2024) PENGARUH EARNING VOLATILITY, FREE CASH FLOW DAN BONUS PLAN TERHADAP INCOME SMOOTHING DENGAN KOMISARIS INDEPENDEN SEBAGAI MODERASI = THE EFFECT OF EARNING VOLATILITY, FREE CASH FLOW AND BONUS PLAN ON INCOME SMOOTHING WITH INDEPENDENT COMMISSIONERS AS MODERATION. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover] Image (Cover)
A062212028_tesis_04-04-2024 cover1.png

Download (177kB)
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
A062212028_tesis_04-04-2024 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
A062212028_tesis_04-04-2024 dp.pdf

Download (706kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
A062212028_tesis_04-04-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 8 July 2026.

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

Meningkatnya kepercayaan pada dunia pasar modal menimbulkan persaingan ketat antar perusahaan, serta mendorong manajemen perusahaan untuk bersaing dalam meningkatkan kinerjanya masing-masing. Fenomena income smoothing telah banyak dilakukan di Indonesia. Praktik tersebut dapat menyesatkan investor jika dilakukan dengan sengaja. Penelitian ini bertujuan menguji dan menganalisis pengaruh earning volatility, free cash flow, dan bonus plan terhadap income smoothing dengan komisaris independen sebagai variabel moderasi. Penelitian ini dilakukan pada perusahaan barang komsumsi (consumer good) tahun 2018 - 2022 Bursa Efek Indonesia (BEI). Penelitian ini menggunakan data sekunder yang diambil dari laporan tahunan dengan menggunakan pengolahan SPSS. Penentuan sampel menggunakan pemilihan metode purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 41 perusahaan selama lima tahun laporan tahunan. Teknik analisis data yang digunakan yaitu regresi berganda dan moderated regression analysis (MRA). Hasil penelitian menunjukkan bahwa earning volatility dan bonus plan berpengaruh positif terhadap income smoothing, free cash flow tidak berpengaruh terhadap income smoothing. Pengujian moderasi menunjukkan bahwa komisaris independen mampu memoderasi pengaruh earning volatility terhadap income smoothing, komisaris independen tidak mampu memoderasi pengaruh free cash flow terhadap income smoothing dan komisaris independen tidak mampu memoderasi pengaruh bonus plan terhadap income smoothing. Temuan ini penting bagi investor dan perusahaan, investor harus mempertimbangkan faktor-faktor tersebut dalam menganalisis kinerja perusahaan dan komisaris independen dapat membantu mencegah income smoothing. Perusahaan harus fokus pada peningkatan kinerja riil dan memperkuat tata kelola perusahaan.

Kata Kunci: Income smoothing, Earning volatility, Free cash flow, Bonus plan dan Dewan Komisaris Independen

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Income smoothing, Earning volatility, Free cash flow, Bonus plan, and Independent Commissioner Board.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 09 Jul 2024 06:22
Last Modified: 09 Jul 2024 06:22
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/35222

Actions (login required)

View Item
View Item