Pengalaman dan Harapan Lansia yang Menetap di Panti Werdha Theodora Makassar = Experiences and Expectations of the Elderly Residing in Theodora Nursing Home Makassar


Halid, Khairunnisa (2023) Pengalaman dan Harapan Lansia yang Menetap di Panti Werdha Theodora Makassar = Experiences and Expectations of the Elderly Residing in Theodora Nursing Home Makassar. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover] Image (Cover)
R011191071_skripsi_15-02-2024 Cover1.jpg

Download (198kB)
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
R011191071_skripsi_15-02-2024 Bab 1 - Bab 2.pdf

Download (856kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
R011191071_skripsi_15-02-2024 Dapus.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
R011191071_skripsi_15-02-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 8 July 2026.

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

Khairunnisa Halid R011191071. Pengalaman dan Harapan Lansia yang Menetap di Panti Werdha Theodora Makassar, dibimbing oleh Silvia Malasari dan Wa Ode Nur Isnah.
Latar Belakang: Pindah dari rumah lama lalu menetap di panti werdha bukanlah hal mudah bagi lansia. Beberapa lansia lebih memilih tinggal di rumah mereka seorang diri. Namun, banyak lansia terlantar karena tidak memiliki keluarga dan tempat tinggal. Mirisnya, beberapa keluarga memilih tidak merawat lansia sendiri karena keterbatasan kemampuan mengurus lansia, masalah keuangan, penyakit kronis lansia, tidak memiliki waktu karena harus bekerja dan lain-lain. Adanya panti werdha menjadi solusi bagi keluarga yang tidak mampu merawat orang tua yang sudah lanjut usia.
Tujuan: Mengetahui pengalaman yang dirasakan dan harapan yang lansia inginkan selama tinggal di panti werdha Theodora Makassar.
Metode: Menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Instrumen berupa human instrument dan pedoman wawancara semi terstruktur dari peneliti sendiri. Teknik yang digunakan purposive sampling menggunakan kriteria inklusi dan eksklusi hingga tercapainya saturasi data.
Hasil: Diperoleh empat tema berkaitan yang menggambarkan tentang pengalaman dan harapan lansia yang menetap di panti werdha Theodora Makassar yaitu, perasaan lansia awal menetap di panti werdha, pengalaman kurang berkenan yang dirasakan lansia selama menetap di panti werdha, harapan lansia terkait pelayanan di panti werdha dan alasan yang menyebabkan lansia menetap di panti werdha.
Kesimpulan: Terdapat perbedaan perasaan pada lansia saat awal datang ke panti dari segi kenyamanan. Adanya perbedaan pengalaman dimana beberapa lansia mengalami kejadian kurang menyenangkan selama tinggal di rumah Theodora. Terdapat dua harapan yang berbeda dari lansia terkait pelayanan panti yaitu mempertahankan kualitas pelayanan dan meningkatkan pelayanan yang ada di rumah Theodora. Dari segi alasan, ada dua alasan lansia memutuskan menetap di rumah Theodora yaitu karena kemauan keluarga dan karena kemauan sendiri.

Keywords : harapan, lansia, panti werdha, pengalaman

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Expectation, elderly, nursing home, experience
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Keperawatan > Ilmu Keperawatan
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 09 Jul 2024 02:41
Last Modified: 09 Jul 2024 02:41
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/35192

Actions (login required)

View Item
View Item