PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA MANDARIN TINGKAT HANYU SHUIPING KAOSHI 3 MAHASISWA PRODI BAHASA MANDARIN DAN KEBUDAYAAN TIONGKOK UNIVERSITAS HASANUDDIN


Amelia. J, Yuspani (2024) PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA MANDARIN TINGKAT HANYU SHUIPING KAOSHI 3 MAHASISWA PRODI BAHASA MANDARIN DAN KEBUDAYAAN TIONGKOK UNIVERSITAS HASANUDDIN. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
F012221012_tesis_04-04-2024 cover1.png

Download (81kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
F012221012_tesis_04-04-2024 1-2.pdf

Download (4MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
F012221012_tesis_04-04-2024 dp.pdf

Download (360kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
F012221012_tesis_04-04-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 1 January 2026.

Download (8MB)

Abstract (Abstrak)

ABSTRAK
YUSPANI AMELIA J. Penguasaan Kosakata Bahasa Mandarin Tingkat Hanyu Shuiping Kaoshi 3 Mahasiswa Prodi Bahasa Mandarin dan Kebudayaan Tiongkok Universitas Hasanuddin (dibimbing oleh Fathu Rahman dan Wan Wen Bin)
Penelitian ini mengkaji gambaran penguasaan kosakata bahasa Mandarin tingkat Hanyu Shuiping Kaoshi 3 mahasiswa program studi Bahasa Mandarin dan Kebudayaan Tiongkok Universitas Hasanuddin dengan menggunakan metode survei melalui pendekatan psikolinguistik dengan hasil data yang diperoleh dari partisipan sebanyak 20 mahasiswa dari jumlah populasi 40 mahasiswa. Penelitian ini memperoleh hasil yang menguraikan bahwa penguasaan kosakata dibagi menjadi dua, yaitu penguasaan kosakata reseptif dan penguasaan kosakata produktif melalui teknik pengumpulan data, yaitu dua jenis tes, tes pertama adalah tes tertulis yang terdiri dari enam bagian yang semuanya memerlukan kemampuan yang meliputi: pengetahuan, pemahaman dan kemampuan menggunakan suatu karakter atau kosakata bahasa Mandarin, seperti gabungan antarkarakter yang membentuk kata-kata dan kosakata yang terdapat dalam sebuah kalimat berdasarkan konteks atau gagasan tertentu, kemudian tes kedua adalah tes wawancara untuk mengungkapkan faktor-faktor yang mempengaruhi penguasaan kosakata tersebut yang terbagi menjadi dua faktor, yaitu faktor internal yang meliputi rasa keingintahuan, aktivitas positif tertentu, metode belajar mandiri, dan motivasi intrinsik dan ekstrinsik, kemudian faktor eksternal yang meliputi lingkungan sosial dan ketersediaan media pembelajaran serta dengan kesimpulan bahwa kosakata pada hakikatnya tidak dapat diukur dan ditunjukkan sebagai suatu bentuk pengetahuan yang melalui proses mental, dari tahap kontinum kemampuan menerima, menyerap, dan memahami kosakata menuju tahap kontinum kemampuan menggunakan dan menghasilkan kosa kata yang dikenal dengan pengetahuan reseptif hingga pengetahuan produktif.

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Penguasaan kosakata, Pendekatan psikolinguistik, bahasa Mandarin, Hanyu Shuiping Kaoshi
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Budaya > Linguistik
Depositing User: S.I.P Zohrah Djohan
Date Deposited: 05 Jul 2024 07:03
Last Modified: 05 Jul 2024 07:03
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/35137

Actions (login required)

View Item
View Item