EFEKTIVITAS HUKUM PERLINDUNGAN KONSUMEN TERHADAP PELANGGAN PERUSAHAAN DAERAH AIR MINUM DI KOTA MAKASSAR


MUSLIMIN, HARY ASHARI (2014) EFEKTIVITAS HUKUM PERLINDUNGAN KONSUMEN TERHADAP PELANGGAN PERUSAHAAN DAERAH AIR MINUM DI KOTA MAKASSAR. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
14_B11109997_Cover1.jpg

Download (4kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
14_B11109997(FILEminimizer)..ok 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
14_B11109997(FILEminimizer)..ok dapus.pdf

Download (228kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
14_B11109997(FILEminimizer)..ok.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

Hary Ashari Muslimin B11109997 Efektivitas Hukum Perlindungan Konsumen Terhadap Pelanggan Perusahan Daerah Air Minum Di Makassar dibawah bimbingan bapak Musakkir sebagai pembimbing I dan bapak Hasbir sebagai pembimbing II.
Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui persepsi masyarakat terhadap hukum perlindungan konsumen terkait masalah pelayanan yang diberikan kepada pihak PDAM di kota Makassar dan Untuk mengetahui efektivitas hukum bagi konsumen terhadap pelayanan distribusi air antara PDAM dengan konsumen yang selama ini dilakukan oleh PDAM.
Penelitian ini dilaksanakan di Kantor Perusahaan Daerah Air Minum Kota Makassar Provinsi Sulawesi Selatan. Penulis memperoleh data dengan melakukan wawancara langsung dengan narasumber dan mengambil data langsung dari Kantor PerusahaanDaerah Air Minum Kota Makassar, serta mengambil data dari kepustakaan yang relevan yaitu literatur, buku-buku serta peraturan perundang-undangan yang berkaitan dengan masalah tersebut.
Hasil penelitian yang telah dilakukan, diperoleh kesimpulan bahwa (1) Tanggapan masyarakat terhadap pelayana PDAM Kota Makassar sangat menunjang dalam pelayan air bersih karena apabila ada keluhan-keluhan masyarakat pihak PDAM Kota Makassar langsung menyikapi dan merespon keluhan masyarakat terkait pendistribusian air bersih. Ternyata dalam penyaluran iar PDAM itu memiliki tiga (3) zona yaitu zona hijau, kuning, dan merah. Dimana zona hijau memiliki tegangan air yang kuat dan lancar dan zona kuning memiliki tekana air yang sedang dan zona merah memiliki tekanan yang kurang baik. Ada pun zona merah ini bukan berarti tidak mendapatkan air tetapi tekananya kurang kuat mencapai titik lokasi maka dengan itu pegawai PDAM mengadakan sosialisasi penggunaan bak penampungan. Dan sekarang zona merah mulai beradaptasi menjadi zona kuning.
(2) Efektivitas perlindungan konsumen terhadap undang-undang nomor 8 tahun 1999 tentang perlindungan konsumen sangat mendukung kinerja menejemen direksi PDAM Kota Makassar yang saat ini lebih baik dan kinerja para karyawan di lingkup perusahaan lebih baik sehingga perusahaan lebih baik sehingga para konsumen saat ini merasakan manfaat akan kinerja karyawan PDAM Kota Makassar. Ada pun permasalahan yang sering terjadi di lapangan tidak lah fatal dan dapat di tindak lanjuti secepatnya dan adapun persoalaan yang sangat fatal dan itu membutuhkan proser yang sangat lama yaitu illegal connection karena itu bisa berbuntut ke meja pengadilan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: K Law > K Law (General)
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 18 Mar 2021 00:54
Last Modified: 18 Mar 2021 00:54
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/3512

Actions (login required)

View Item
View Item