Analisis Determinasi Profitabilitas Return Saham dengan Menggunakan Algoritma Regresi Linear Berganda pada Perusahaan PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk = Determination Analysis of Stock Return Profitability by Using Multiple Linear Regression Algorithms at PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk.


Irta, Nur Ifni Indriatna (2024) Analisis Determinasi Profitabilitas Return Saham dengan Menggunakan Algoritma Regresi Linear Berganda pada Perusahaan PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk = Determination Analysis of Stock Return Profitability by Using Multiple Linear Regression Algorithms at PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover] Image (Cover)
H081201042_skripsi_21-02-2024 Cover1.jpg

Download (288kB)
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
H081201042_skripsi_21-02-2024 Bab 1 - Bab 2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
H081201042_skripsi_21-02-2024 Dapus.pdf

Download (177kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
H081201042_skripsi_21-02-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 4 July 2026.

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

Sektor perbankan merupakan salah satu industri yang paling diminati oleh para investor karena profil perusahaan perbankan dianggap sebagai perusahaan yang prestigius dan kredibel berdasarkan peraturan operasional yang telah ditetapkan oleh bank sentral. Investasi berwujud penanaman sejumlah dana dengan harapan dapat menghasilkan keuntungan (return) di masa depan. Return saham merupakan tingkat pengembalian dari jumlah uang yang dikembalikan investor atas investasi sahamnya. Setiap investor menginginkan tingkat pengembalian yang tinggi setelah mempertimbangkan risiko yang akan mereka hadapi. Perusahaan yang berkembang akan memiliki tingkat permintaan yang tinggi terhadap sahamnya dari kalangan investor. PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau yang dikenal dengan BNI merupakan salah satu bank terbesar di Indonesia dan telah beroperasi selama puluhan tahun. Stabilitas dan sejarah yang kuat dapat memberikan keyakinan kepada investor tentang ketahanan perusahaan dalam menghadapi tantangan ekonomi dan bisnis. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis determinasi profitabilitas Return saham dengan menggunakan algoritma Regresi Linear Berganda pada perusahaan PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk menggunakan metode pendekatan Stepwise Regression. Metode Stepwise Regression digunakan untuk memodelkan hubungan antara variabel independen terhadap variabel dependen. Hasil dari penelitian ini adalah variabel yang memiliki pengaruh signifikan terhadap return saham yaitu, nilai tukar, sedangkan variabel yang tidak memiliki pengaruh signifikan yaitu, tingkat inflasi, dan BI rate.

Keywords : Determinasi Profitabilitas, Return Saham, Regresi Linear Berganda

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Profitability Determination, Stock Return, Multiple Linear Regression.
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions (Program Studi): Fakultas Matematika dan Ilmu Peng. Alam > Ilmu Aktuaria
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 05 Jul 2024 06:49
Last Modified: 05 Jul 2024 06:49
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/35091

Actions (login required)

View Item
View Item