TINJAUAN KRIMINOLOGIS KEJAHATAN PEMERKOSAAN TERHADAP ANAK DI KABUPATEN GOWA (STUDI KASUS PUTUSAN PENGADILAN NOMOR : 83/PID.B.2008/PN.SUNGGUMINAS


Angrainy, Neny (2010) TINJAUAN KRIMINOLOGIS KEJAHATAN PEMERKOSAAN TERHADAP ANAK DI KABUPATEN GOWA (STUDI KASUS PUTUSAN PENGADILAN NOMOR : 83/PID.B.2008/PN.SUNGGUMINAS. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

Full text not available from this repository.

Abstract (Abstrak)

Penelitian ini bertujuan mengetahui (1) Faktor-faktor penyebab terjadinya kejahatan pemerkosaan terhadap anak di Kabupaten Gowa (2) Upaya Penanggulangan aparat penegak hukum terhadap korban pemerkosaan di Kabupaten Gowa.
Penelitian ini dilaksanakan di Kabupaten Gowa, Pengumpulan data dengan penelitian lapangan melalui wawancara dengan Majelis Hakim pada kaus yang bersangkutan, kuisioner kepada masyarakat, dan penelitian kepustakaan untuk mendapatkan data sekunder dari arsip-arsip yang relevan. Data yang telah dikumpulkan dikualifikasikan dan dianalisis secara kuantitatif dengan rumus frekuensi.
Hasil Penelitian terhadap Faktor-faktor penyebab terjadinya kejahatan pemerkosaan berdasarkan Putusan Pengadilan Nomor :83/Pid.B.2008/PN. Sungguminasa antara lain : nafsu biologis pelaku dan kelainan sex. Adapun data hasil penelitian melalui kuisioner menunjukkan bahwa : Pendidikan dan pengetahuan yang rendah dari pelaku, faktor ekonomi, nafsu biologis pelaku, kurangnya pengawasan orang tua. Adapun upaya yang dilakukan oleh aparat penegat hukum dalam menanggulangi tindak pidana pemerkosaan yang efektif saat ini dengan menjatuhi hukuman seberat-beratnya dan diberikan pembinaan moral di lembaga pemasyarakatan kepada pelaku agar pelaku tidak lagi mengulangi perbuatannya dan orang lain takut untuk melakukan kejahatan perkosaan. Bentuk perlindungan hukum terhadap korban, kejahatan perkosaan dilakukan dengan melakukan pembinaan dan pendidikan mental, agar mental korban tidak terganggu.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kejahatan pemerkosaan
Depositing User: - Nurhasnah
Date Deposited: 03 Jul 2024 06:40
Last Modified: 03 Jul 2024 06:40
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/35050

Actions (login required)

View Item
View Item