PELUANG DAN TANTANGAN KERJA SAMA SISTER PROVINCE ANTARA PEMERINTAH PROVINSI SULAWESI SELATAN (INDONESIA) DAN PREFEKTUR EHIME (JEPANG) = Opportunities and Challenges of Sister province Cooperation between the Provincial Government of South Sulawesi (Indonesia) and Ehime Prefecture (Japan)


Febriansyah, Ahady (2024) PELUANG DAN TANTANGAN KERJA SAMA SISTER PROVINCE ANTARA PEMERINTAH PROVINSI SULAWESI SELATAN (INDONESIA) DAN PREFEKTUR EHIME (JEPANG) = Opportunities and Challenges of Sister province Cooperation between the Provincial Government of South Sulawesi (Indonesia) and Ehime Prefecture (Japan). Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover] Image (Cover)
E061201020_skripsi_04-04-2024 cover1.png

Download (153kB)
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
E061201020_skripsi_04-04-2024 1-2.pdf

Download (644kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
E061201020_skripsi_04-04-2024 dp.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
E061201020_skripsi_04-04-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 3 July 2026.

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

Ahady Febriansyah, E061201020, “Peluang dan Tantangan Kerja sama Sister province antara Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan (Indonesia) dan Prefektur Ehime (Jepang), di bawah bimbingan Ishaq Rahman S.IP, selaku pembimbing 1 dan Nurjannah Abdullah, selaku pembimbing II, pada Departmenen Ilmu Hubungan Internasional, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Hasanuddin.
Penelitian ini berisi tentang kerjasama sister province dari Kerja sama antara Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan dari Indonesia dan Prefektur Ehime dari Jepang. Pada penelitian ini penulis akan mengemukakan hal-hal yang merupakan peluang dari kerjasama ini dan apa yang menjadi tantangan yang dihadapi oleh kedua pihak. Metode Penelitian dalam penyusunan skripsi ini menggunakan tipe penelitian deskriptif-analitik. Teknik pengumpilan data yang digunakan penulis adalah dengan menggunakan metode kajian Pustaka dengan mengeskplorasi dan mereview berbagai literatur. Selain itu, penelitian ini juga menggunakan metode wawancara yang dilakukan di beberapa tempat seperti Biro Pemerintahan Provinsi Sulawesi Selatan. Dalam penelitian ini, seluruh data dianalisis secara kualitatif dan untuk pembahasan masalah menggunakan pola deduktif.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam melaksanakan kerja sama sister province, Pemerintah Sulawesi Selatan dengan Prefektur Ehime telah melakukan serangkaian kegiatan kerja sama luar negeri yang dibuktikan dengan Nota Perjanjian Kesepahaman atau Memorandum of Understanding antara kedua kota. Berdasarkan kesepakatan ini, kerja sama sister province antara Provinsi Sulawesi Selatan dan Prefektur Ehime kemudian menghasilkan 4 bidang kerja sama yang diharapkan mampu mendorong potensi perekonomian dan Pembangunan serta menjadi peluang yang baik untuk kedua wilayah. Ditemukan bahwa adanya kesamaan kedudukan dan status administrasi, Adanya kesamaan karakteristik dan potensi, serta adanya kesamaan permasalahan dan upaya saling melengkapi adalah peluang-peluang yang bisa diambil. Akan tetapi, terdapat beberapa tantangan dan hambatan dalam berlansungnya kerja sama sister province ini.

Keywords : Kerja sama Sister province, Pemerintah Daerah, Provinsi Sulawesi Selatan, Prefektur Ehime, Memorandum of Understanding

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Sister province Cooperation, Regional Government, South Sulawesi Province, Ehime Prefecture, Memorandum of Understanding
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Hubungan Internasional
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 03 Jul 2024 02:52
Last Modified: 03 Jul 2024 02:52
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/35036

Actions (login required)

View Item
View Item