PENGARUH PROGRAM SOVEREIGN WEALTH FUND NORWEGIA TERHADAP CLIMATE RISK DI EROPA BARAT = THE INFLUENCE OF NORWAY'S SOVEREIGN WEALTH FUND PROGRAM POLICY ON CLIMATE RISK IN WESTERN EUROPE


Yusril, Yusril (2024) PENGARUH PROGRAM SOVEREIGN WEALTH FUND NORWEGIA TERHADAP CLIMATE RISK DI EROPA BARAT = THE INFLUENCE OF NORWAY'S SOVEREIGN WEALTH FUND PROGRAM POLICY ON CLIMATE RISK IN WESTERN EUROPE. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover] Image (Cover)
E061191118_skripsi_04-04-2024 cover1.png

Download (202kB)
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
E061191118_skripsi_04-04-2024 1-2.pdf

Download (855kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
E061191118_skripsi_04-04-2024 dp.pdf

Download (177kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
E061191118_skripsi_04-04-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 3 July 2026.

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

Yusril, E061191118, “PENGARUH PROGRAM SOVEREIGN WEALTH FUND NORWEGIA TERHADAP CLIMATE RISK DI EROPA BARAT”, di bawah bimbingan Prof. H. Darwis, MA, Ph.d selaku pembimbing pertama dan Aswin Baharuddin, S.IP, MA selaku pembimbing kedua, Departemen Ilmu Hubungan Internasional, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Hasanuddin.
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh kebijakan GPFG Norwegia terhadap penanganan climate risk di Eropa Barat. Penelitian ini menggunakan metode studi kepustakaan (library research) data yang digunakan bersumber dari publikasi dan literatur dengan menggunakan analisis secara kualitatif. Pendekatan ini digunakan yaitu analisis deskriptif yang bertujuan untuk mendapat hasil penelitian deskriptif analitik. Hasil penelitian digunakan untuk memahami cara dan pengaruh GPFG dalam penanganan climate risk di Eropa Barat serta tantangan penanganan climate risk.
Penelitian ini mengunakan pendekatan norms life cycle terutama di tahap kedua yaitu norms cascade. Penelitian ini menggunakan menganalisis terkait bagaimana norma penurunan emisi gas yang diterima oleh Norwegia yang di institusionalisasi di GPFG Norwegia sehingga digunakan dalam pembuatan kebijakan investasi di SWF Norwegia dalam penanganan climate risk di Eropa Barat. Kemudian penelitian ini juga menjelaskan tantangan yang dihadapi oleh GPFG dalam menginternalisasi norma penurunan emisi gas ke perusahaan portofolionya untuk mengatasi climate risk di Eropa Barat.
Hasil dari penelitian menjelaskan bahwa GPFG Norwegia berupaya sebagai norm entreprenuership untuk mendorong perusahaan untuk menangani climate risk. Melalui kebijakan responsible investment yang mereka terapkan setelah menerima norma penurunan emisi gas. Melalui kebijakan investasinya GPFG mempengaruhi perusahaan untuk berkomitmen untuk menurunkan emisi gas dan melaporkan risiko aktivitas bisnis perusahaan. Tantangan yang dihadapi oleh perusahaan adalah internalisasi norma dengan kepentingan perusahaan untuk mendapatkan keuntungan dan permasalahan ketergantungan perusahaan.

Keywords : Sovereign Wealth Fund, Climate Risk, Norma Internasional, Kaskade Norma

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Sovereign Wealth Fund, Climate Risk, International Norms, Norm Cascade
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Hubungan Internasional
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 03 Jul 2024 02:30
Last Modified: 03 Jul 2024 02:30
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/35032

Actions (login required)

View Item
View Item