PENGARUH IDEOLOGI HINDUTVA DALAM KEKERASAN TERHADAP KELOMPOK MUSLIM DI UNITED KINGDOM = THE INFLUENCE OF HINDUTVA IDEOLOGY IN VIOLENCE AGAINST MUSLIM GROUPS IN THE UNITED KINGDOM


Rimulanna, Andi Muhammad Syefa Makkasau (2024) PENGARUH IDEOLOGI HINDUTVA DALAM KEKERASAN TERHADAP KELOMPOK MUSLIM DI UNITED KINGDOM = THE INFLUENCE OF HINDUTVA IDEOLOGY IN VIOLENCE AGAINST MUSLIM GROUPS IN THE UNITED KINGDOM. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover] Image (Cover)
E061191060_skripsi_04-04-2024 cover1.png

Download (170kB)
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
E061191060_skripsi_04-04-2024 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
E061191060_skripsi_04-04-2024 dp.pdf

Download (111kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
E061191060_skripsi_04-04-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 3 July 2026.

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

Andi Muhammad Syefa Makkasau Rimulanna (E061191060), dengan judul penelitian “Pengaruh Ideologi Hindutva dalam Kekerasan Terhadap Kelompok Muslim di United Kingdom”. Di bawah bimbingan bapak (Dr. H. Adi Suryadi B, MA) selaku dosen Pembimbing I dan Bapak (Ishaq Rahman, S.IP., M.Si) selaku dosen pembimbing II, Pada Departemen Ilmu Hubungan Internasional, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Hasanuddin.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh dari Ideologi Hindutva kepada migran dan diaspora India di United Kingdom dalam kegiatan kekerasan antar kelompok di negara tersebut. Dalam penelitian ini pembahasan yang dilakukan menitikberatkan pada idiosinkretisme para migran dan diaspora India di United Kingdom sehingga menimbulkan dampak pada kegiatan sosial kemasyarakatan di negara tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian jenis kualitatif dengan mengambil data dari sumber sekunder seperti buku, artikel jurnal, artikel berita, situs resmi, serta berbagai sumber kredibel lainnya, yang kemudian diolah menggunakan metode analisis kualitatif dengan metode penulisan deduktif. Dengan teori Long Distance Nationalism dan Violence yang digunakan sebagai alat analisis utama dalam penelitian ini.
Hasil yang didapatkan dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh dari Ideologi Hindutva pada migran dan diaspora India di United Kingdom dalam tiga hal: yang pertama adanya rasa identitas dan solidaritas yang meningkat diantara kelompok diaspora dan migran; selanjutnya adanya partisipasi politik migran dan diaspora yang mengalami peningkatan; dan yang ketiga yaitu munculnya konflik antar kelompok di United Kingdom. Selanjutnya ideologi ini memancing peran migran dan diaspora India dalam kekerasan antar kelompok di United Kingdom, sehingga para migran dan diaspora berperan langsung dengan cara ikut serta turun kejalan dan menyebarkan informasi terkait kekerasan yang terjadi di Leicester.

Keywords : Hindutva, Migran, Diaspora, India, United Kingdom.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hindutva, Migrants, Diaspora, India, United Kingdom
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Hubungan Internasional
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 03 Jul 2024 02:11
Last Modified: 03 Jul 2024 02:11
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/35025

Actions (login required)

View Item
View Item