Dampak Ekspansi Perusahaan Multinasional Netflix U.S.A terhadap Peningkatan Industri Kreatif Sektor Perfilman di Korea Selatan = The Impact of Netflix U.S.A's Multinational Company Expansion on the Improvement of the Creative Industry in the Film Sector in South Korea


Iktania, Merry (2024) Dampak Ekspansi Perusahaan Multinasional Netflix U.S.A terhadap Peningkatan Industri Kreatif Sektor Perfilman di Korea Selatan = The Impact of Netflix U.S.A's Multinational Company Expansion on the Improvement of the Creative Industry in the Film Sector in South Korea. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover] Image (Cover)
E061181340_skripsi_04-04-2024 cover1.png

Download (241kB)
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
E061181340_skripsi_04-04-2024 1-2.pdf

Download (968kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
E061181340_skripsi_04-04-2024 dp.pdf

Download (222kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
E061181340_skripsi_04-04-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 3 July 2026.

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

Merry Iktania, (E061181340), “Dampak Ekspansi Perusahaan Multinasional Netflix U.S.A terhadap Peningkatan Industri Kreatif Sektor Perfilman di Korea Selatan”, di bawah bimbingan Prof. H. Darwis, MA, Ph.D selaku pembimbing I, dan Aswin Baharuddin, S.IP, MA selaku pembimbing II pada Departemen Ilmu Hubungan Internasional, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Hasanuddin.

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi strategi ekspansi perusahaan multinasional Netflix di Korea Selatan dan dampaknya terhadap peningkatan industri kreatif sektor perfilman di negara tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif dengan teknik analisis kualitatif yang mengembangkan teori-teori yang ada dan mengaitkannya dengan data yang dikumpulkan. Penelitian ini menggunakan data sekunder yang diperoleh melalui teknik pengumpulan data studi literatur, berasal dari buku, jurnal, artikel, situs resmi, buku elektronik, serta sumber terpercaya lainnya.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Netflix, sebagai perusahaan multinasional yang bergerak dalam layanan streaming Subscription Video on Demand (SVOD), menerapkan strategi ekspansi Market Entry Mode dan Localization di Korea Selatan. Ekspansi Netflix memberikan dampak positif terhadap peningkatan dan perubahan dalam industri kreatif sektor perfilman Korea Selatan. Dampaknya meliputi peningkatan performa industri melalui Investasi Langsung Asing (FDI), transfer teknologi, perubahan dan peningkatan dalam struktur ketenagakerjaan, perubahan positif dalam praktik bisnis, serta aspek politik, budaya, dan sosial. Dengan demikian, penelitian ini memberikan kontribusi dan wawasan tentang bagaimana perusahaan multinasional melakukan ekspansi dan berdampak terhadap negara tuan rumah (host country).

Keywords : Ekspansi Internasional, MNC, Netflix, Industri Kreatif perfilman Korea Selatan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: International Expansion, MNC, Netflix, South Korea's Film Creative Industry.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Hubungan Internasional
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 03 Jul 2024 01:02
Last Modified: 03 Jul 2024 01:02
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/35019

Actions (login required)

View Item
View Item