Zahra, Andi Ulfatul (2024) KAMPANYE PASANGAN CALON MOHAMMAD IDRIS DAN IMAM BUDI HARTONO MELALUI INSTAGRAM PADA PEMILIHAN WALIKOTA DAN WAKIL WALIKOTA DEPOK TAHUN 2020 = THE CAMPAIGN OF CANDIDATE PAIRS MOHAMMAD IDRIS AND IMAM BUDI HARTONO THROUGH INSTAGRAM IN THE 2020 DEPOK MAYOR ELECTION. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.
E052202005_tesis_04-04-2024 cover1.png
Download (458kB) | Preview
E052202005_tesis_04-04-2024 1-2.pdf
Download (1MB)
E052202005_tesis_04-04-2024 dp.pdf
Download (882kB)
E052202005_tesis_04-04-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 2 July 2026.
Download (3MB)
Abstract (Abstrak)
ANDI ULFATUL ZAHRA. Kampanye Pasangan Calon Mohammad Idris dan Imam Budi Hartono Melalui Instagram Pada Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Depok Tahun 2020 (dibimbing oleh Armin dan Sakinah Nadir).
Pemanfaatan media sosial dalam berkampanye juga dapat dilihat pada saat pelaksanaan pilkada serentak di kota Depok tahun 2020, terbatasnya wadah untuk berkampanye akibat fenomena pandemi covid-19 yang secara tidak langsung merubah strategi kampanye dengan lebih banyak menggunakan media sosial. Salah satu platform yang gemar digunakan dalam berpolitik ialah instagram, kemudahannya untuk mengakses informasi membuat platform ini popular di kalangan milenial. Sehingga Hal ini dimanfaatkan oleh pasangan calon Mohammad Idris dan Imam Budi Hartono untuk berkampanye dengan mengoptimalkan konten di instagram untuk menarik perhatian pemilih milenial. Penelitian ini bertujuan menggambarkan dan menganalisis bentuk kampanye pasangan Mohammad Idris dan Imam Budi Hartono melalui instagram pada pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Depok Tahun 2020, serta menggambarkan dan menganalisis respon yang muncul dari pemilih milenial terhadap pesan kampanye pasangan Mohammad Idris dan Imam Budi Hartono di instagram.Jenis penelitian yang digunakan adalah analisis kualitatif. Sumber data penelitian ini diperoleh melalui, data primer yang didapatkan dari hasil wawancara. Adapun data sekunder yang dikumpulkan dari media sosial dan dokumentasi. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, studi pustaka, studi media online. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa upaya kampanye yang dilakukan oleh pasangan calon Mohammad Idris dan Imam Budi Hartono di media sosial instagram dengan menekankan konten terkait penggunaan gambar, penggunaan video pendek, dan penggunaan hastag. Yang dibagikan pada masing-masing akun instagram pasangan calon, upaya yang dilakukan cukup mempengaruhi pemilih milenial yang ada di Kota Depok.
Kata Kunci: Kampanye Politik, Instagram, Milenial, Pilkada Kota Depok
Item Type: | Thesis (Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Campaign, Instagram, Millennial, Depok City election |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions (Program Studi): | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik |
Depositing User: | S.Sos Rasman - |
Date Deposited: | 02 Jul 2024 07:59 |
Last Modified: | 02 Jul 2024 07:59 |
URI: | http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/35016 |